PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

Pemdes Parsalakan Angkola Barat Gelar Musrenbang Desa

0 126

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM, Tapsel – Sebagai dasar usulan untuk mendukung pembangunan di desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Tapsel melaksanakan rapat Musrenbang Desa yang dilaksanakan di SDN 100105 Aek Lubuk Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Tapsel, Rabu (9/1/2019) yang di mulai pukul 14.00 WIB hingga dengan selesai.

Turut hadir pada acara rapat Musrenbang itu Camat Angkola Barat Tapsel M.Taufik,S.sos,Danramil 19/Siais Kapten Inf.Mariyanto,Kepala Desa Parsalakan Surya Darma Siregar, mewakili Kapolsek Batang Toru AKP.DMZ.Harahap Bhabinkamtibmas Brig.Pol.M.Saleh, Kepala BPD Desa Parsalakan Arpan Siregar ,

Acara diawali dengan doa kemudian disusul dengan kata sambutan dari Kepala Desa Parsalakan Surya Darma yang menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbang Desa ini dilaksanakan untuk menyerap usul – usulan pembangunan yang akan di sampaikan pada tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

- Advertisement -

“Semoga para warga masyarakat Desa Parsalakan yang hadir dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai wahana untuk penyampaian usul – usulan yang bersifat positif,” ujar Surya.

Sementara itu, Camat Angkola Barat Tapsel M.Taufik,S.Sos menjelaskan kegiatan Musrenbang Desa Parsalakan ini untuk dasar perencanaan pembangunan tahun 2020 nantinya dan sebagai tolak ukur satu tahun kedepannya sesuai dengan amanat undang – undang yang ada.

“Pada Musrenbang Desa Parsalakan ini paling banyak warga masyarakatnya sebagai pesertanya yang hadir selama pelaksanaan Musrenbang di 4 desa yang ada di Kecamatan Angkola Barat yang dimulai sejak hari senin (7/1/2019). Saya sangat bangga dengan antusias warga masyarakat Desa Parsalakan yang hadir dalam Musrenbang kali ini dari selama yang saya ikuti di 4 Desa yang ada,” tukas Taufik.

Selain itu Camat juga menyampaikan bahwa warga Desa dengan Pemerintah harus melakukan konsep pembangunan yang harus lebih bermamfaat dan positif karena letak Desa ini sangat identik dengan Kota Padangsidimpuan.

“Penataan lingkungan harus terus diutamakan seperti persoalan kebersihan Desa dengan nantinya didorong adanya petugas pembersih sampah desa kemudian rehab untuk MCK Mesjid yang ada di Desa Parsalakan,” ungkapnya.

Soal kesehatan, Taufik mengatakan kendala lahan Pustu yang masih menjadi persoalan pelik, karena selama ini Pustu yang ada di Kecamatan Angkola Barat masih banyak yang menompang di rumah warga dengan kondisi pas-pasan dan masalah ini harus dapat dituntaskan. Sedangkan terkait prosedur BPJS untuk tahun 2019 telah berbeda dengan yang lalu.

“Usai pengurusan kartu BPJS kartu akan aktif usai 14 hari baru dapat berlaku,” tegasnya.

Sementara, Danramil 19/Siais Kapten.Inf.Mariyanto juga turut menyampaikan bahwa pada prinsipnya TNI sebagai Aparatur Negara dan pembina Teritorial tetap mendukung penuh dan memberi support untuk kegiatan Musrenbang Desa Parsalakan ini.

“Untuk persoalan mengatasi bencana alam harusnya kita secara bersama sama untuk menanggulanginya dan intinya kita tetap harus menjaga keseimbangan alam,” katanya.

Kapolsek Batang Toru yang diwakili Bhabinkamtibmas Brigadir Polisi M.Saleh menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbang Desa juga harus dimamfaatkan untuk kemajuan pembangunan dengan tidak mengucilkan dibidang Kamtibmasnya.

“Usulan pembangunan Pos Kamling untuk mengantisipasi masuknya paham-paham radikalisme, terorisme, narkoba dan orang – orang yang dikwatirkan merusak keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat serta masyarakat dapat mencegah beredarnya berita-berita hoaks atau yang tidak dapat di pertanggungjawabkan.

Selanjutnya, Kepala BPD Desa Parsalakan Arpan Siregar memimpin rapat Musrenbang dengan memberikan masukan satu persatu di bidang pertanian seperti masalah pupuk dan alat-alat pertanian yang masih diperlukan warga masyarakat, dan untuk bidang kesehatan seperti pendirian plank merek pusyandu, kursi posyandu, VCD senam lansia, timbangan dewasa, pengadaan seragam kader Posyandu, minuman dan snack lansia, pengadaan air bersih di pustu dan alat kesehatan Pustu.

Untuk bidang pendidikan juga banyak diusulkan tentang penambahan pengadaan mobiler dan ruang kelas serta insentif dari tenaga pendidik.

Acara Musrenbang Desa Parsalakan ini pun diakhiri dengan doa bersama dan kegiatan Musrenbang Desa Parsalakan ini berjalan aman dan lancar. (Saragi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy