PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

Kodim 0616/Indramayu Gelar Mitigasi Bencana Alam di Pantai Eretan Kulon

0 93

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM, Indramayu – Komando Distrik Militer (Kodim) 0616/Indramayu melaksanakan kegiatan mitigasi bencana alam di Pantai Eretan Kulon Blok Samboja Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat, Sabtu (4/5/2019) dimulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Dalam kegitan tersebut, Dandim 0616/Indramayu Letnan Kolonel Kavaleri Agung Nur Cahyono SIP MTr (HAN) meresmikan kegiatan dan sekaligus memberikan sambutan.

Selesainya itu, Letkol Kav Agung Nur Cahyono SIP MTr (HAN) melakukan penananam pohon di pinggir pantai, yang diikuti oleh Kapolsek Kandanghaur, Danramil 1616/Kandanghaur, Kepala BPBD Kabupaten Indramayu, Camat Kandanghaur, dan perwakilan dari salah satu peserta.

- Advertisement -

Sementara itu, pemateri kegiatan mitigasi bencana alam dipaparkan dan dipraktikan oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu yakni Caya SE MSi dan Ismail.

Caya dan Ismail serta bersama anggota Kodim 0616/Indramayu memberikan praktik dengan materi Water Rescue, dayung, evakuasi korban tenggelam, dan metode sistem blender dengan perahu fiber BPBD Kabupaten Indramayu.

Suara sirine dari mobil BPBD Indramayu terdengar keras membuat suasana menjadi tegang dan keseriusan peserta semakin bertambah saat peserta mengevakuasi korban ke tepi pantai. Peserta yang berada di pinggir pantai yang ditugaskan untuk mengevakuasi korban langsung menyambut dengan tandu dari perahu menuju ke mobil BPBD Indramayu.

Salah satu dari peserta mitigasi bencana alam, Melinda Agustin yang ikut praktik evakuasi korban tenggelam sekaligus sebagai korban tenggelam, dirinya sangat berterimakasih kepada pihak Kodim 0616/Indramayu dan BPBD Indramayu.

“Tadi ikutan mitigasi korban tenggelam di laut, ya pertamanya sih ada rasa takut tapi saya coba memberanikan diri saja. Ini juga baik untuk diri saya karena edukasi yang berguna. Akhirnya saya bisa menyelamatkan korban tenggelam. Saat itu saya membayangkan kalau itu si korbannya keluarga saya atau saudara-saudara saya. Untuk teknik evakuasi korban, sebelum saya praktik saya mendengarkan dan memahami instruksi teknik evakuasi korban tenggelam dari Pak Caya dan Pak Ismail. Ya saya berhasil mengevakuasi korban tenggelam. Di perahu fiber, saya dan teman saya dan dibimbing sama Pak Ludy dari pihak Kodim Indramayu, Pak Ludy yang menyetir perahu. Yang membuat saya berharga mengikuti kegiatan mitigasi bencana alam, ya saat saya sebagai si korban tenggelam di pantai, saya sudah di tolong dengan selamat oleh mereka yang mengevakusi saya,” kata Melinda Agustin, peserta kegiatan mitigasi bencana alam dan anggota Ormas Oi Indramayu, kepada kru Patrolinews.

Kegiatan mitigasi bencana alam yang diikuti oleh Kapolsek Kandanghaur beserta anggotanya, Camat dan Sekmat Kandanghaur, SMK Hassanudin, MTS Hassanudin,Ormas Oi Indramayu, Dewan Pengurus Cabang Ormas Pejuang Siliwangi Kandanghaur, Mitra 16 (M16) KODIM Indramayu Kecamatan Kandanghaur, Gerakan Pramuka Dewan Kerja Ranting (DKR) Kandanghaur, Karang Taruna Desa Eretan Kulon, Slankers Club Indramayu, Ormas Exalt To Creativity (XTC) Kandanghaur, Komunitas BRIGADE TO SEVEN (BRIGEZ) Kandanghaur dan Warga Desa Eretan Kulon tersebut berjalan dengan aman dan lancar.(Baebudin)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy