PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

Wakil Wali Kota Medan Ajak Lestarikan Kain Ulos

0 37

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM,Medan-Seratusan masyarakat sangat antusias menyaksikan peringatan Hari Ulos Nasional 2019 di Lapangan Merdekan Medan, Kamis (17/10/2019). Peringatan ini menjadi tahun ketiga setelah pemerintah menetapkan ulos sebagai salah satu warisan budaya tak benda (WTWB) sejak 17 Oktober 2014 lalu.

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi hadir dalam acara yang dibuka langsung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Pembukaan ditandai dengan pemotongan kue itak gurgur (kue khas suku batak) oleh Gubernur didampingi Wakil Wali Kota.

Ir H Akhyar Nasution MSi mengaku sangat senang dengan digelarnya perayaan Hari Ulos Nasional tersebut. Dikatakan Wakil Wali Kota, acara ini menjadi bukti bahwa masyarakat, khususnya suku Batak menaruh perhatian besar pada kebudayaan asli milik mereka. Ini bilang Wakil Wali Kota, harus terus dilakukan agar kearifan lokal dan kebudayaan asli milik Indonesia tetap terjaga nilai dan sejarahnya.

- Advertisement -

“Kain ulos merupakan salah satu wastra nusantara. Wastra adalah kain tradisional peninggalan leluhur secara turun-temurun yang menjadi salah satu warisan kekayaan budaya Indonesia. Kegiatan seperti ini menjadi salah satu aspek penting yang bisa kita fokuskan bersama hingga menjadi daya tarik bagi wisatawan,”kata Wakil Wali Kota.

Selain itu ungkap Wakil Wali Kota lagi, saat ini kain ulos masih dengan mudah dijumpai, terlebih dalam acara adat suku Batak. Lewat itulah, dirinya optimis kain ulos yang masuk dalam WBTB ini tetap dapat terus ada dan bertahan hingga masa mendatang.(Pnc-1)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

You might also like

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy