PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

Wabup Deliserdang Hadiri Launching Kampung Perikanan Budidaya Kecamatan Biru Biru

0 45

PATROLINEWS.COM,Biru Biru-Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang, HM Ali Yusuf Siregar menghadiri Launching Kampung Perikanan Budidaya dan Penyerahan Sertifikat Instalasi Karantina Ikan (IKI) serta Sertifikat Cara Karantina Ikan Yang Baik (CKIB) kepada UMKM yang akan melakukan ekspor mandiri di Desa Mbaruai dan Biru Biru, Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deliserdang Sumatera Utara, Kamis (17/3/2022) sekira pukul 10:00 Wib.

Hadir diacara tersebut, Direktur Pakan dan Obat Ikan Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Ir Ujang Komarudin AK MSc, mewakili Kepala BKIPM Medan 1, M Burlian MPi, MSi, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tanjungmorawa, Iskandar.

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan dalam menyusun program pembangunan di sektor perekonomian khususnya sektor kelautan dan perikanan sekaligus menunjang ketahanan pangan yang diharapkan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Deliserdang.

Wabup juga berharap, keberadaan Program Kampung Perikanan Budidaya yang dicanangkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perikanan Budidaya berpotensi untuk memulihkan perekonomian masyarakat, terlebih di masa pandemi saat ini.

“Untuk itu, kami bersyukur atas terpilihnya Desa Mbaruai dam Biru Biru, Kecamatan Biru Biru, sebagai Kampung Perikanan Budidaya Ikan Mas. Ini akan menjadi motivasi bagi kami dalam meningkatkan kinerja untuk memberdayakan masyarakat nelayan dan pembudidayaan ikan ke depannya,” kata Wabup.

Sebelumnya, Kadis Perikanan Ir Hj Syarifah Alwiyah dalam laporannya menyampaikan, Kabupaten Deliserdang adalah Kabupaten penyangga untuk Sumatera Utara dan Kota Medan Khususnya dalam pemenuhan konsumsi ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Sebesar 37 persen kebutuhan konsumsi ikan di Sumatera Utara itu dari Kabupaten Deliserdang.

Ia juga menjelaskan, di Kabupaten Deliserdang sendiri untuk pemasok ikan air tawar terbesar berada di Kecamatan Biru Biru.

Produksi perikanan mencapai 100.000 Ton lebih dengan 57.000 Ton produksi perikanan air tawar, dan dari 57.000 ton yang di produksi 36 persen berasal dari Kecamatan Biru Biru.

Program Kampung perikanan budidaya merupakan program lintas sektoral, dan ditingkat pusat merupakan program lintas Kementerian dan Lembaga, berharap dari Kementerian Kelautan dan Perikanan  tetap memberikan perhatian untuk Kabupaten Deliserdang, kata Ir Hj Syarifah Alwiyah.

Acar tersebut dirangkai dengan panen raya dan tabur benih ikan mas, penyerahan SK penetapan Kampung Perikanan Budidaya dan sertifikat CPIB dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, penyerahan bantuan sarana dan prasarana dari kementerian Kelautan dan perikanan RI kepada POKDAKAN, penyerahan indukan ikan mas dan benih ikan mas, penyerahan bibit hortikultura, serta penyerahan klaim asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

Turut mendampingi Wabup, Asisten II/Perekonomian dan Pembangunan Putra Jaya Manalu SE MM, Kepala Bappeda Litbang Ir Remus Hasiholan Pardede MSi, Kadis Perikanan Ir Hj Syarifah Alwiyah MMA, Kadis Perindag Tengku M Zaki Aufa SSos MAP, Kadis Cipta Karya Rachmadsyah ST, Kadis SDAMBK Janso Sipahutar ST MT, Kadis Perkim dan Pertanahan Heriansyah Siregar ST, Kadis Koperasi dan UKM Dra Hj Rabiatul Adawiyah Lubis MPd, Kadis Budporapar H Khairum Rijal ST MAP, Kadis Pertanian Rahman Saleh Dongoran SP MSi, Kadis PMD Drs Khairul Azman MAP, Kadis PMPTSP Muhammad Salim SP MSi, Kadis Lingkungan Hidup Ir Artini S Marpaung, Kadis Ketahanan Pangan Ir H Herry Lubis, Sekretaris Dinas Kominfo Stan Syafi’i Sihombing SIP MAP, Camat Biru Biru Dani Mulyawan S.Sos MIP, Kepala Desa Mbaruai Efendi Ginting, Kepala Desa Biru Biru Bebas Bukit, serta unsur Muspika Biru Biru. (Tom)

You might also like
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy