PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

MTQ ke-55 Resmi Dibuka, Wabup Harap Al Qur’an Dijadikan Pegangan Hidup

0 42

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM,Pancurbatu-Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar MAP resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-55 tingkat Kabupaten Deliserdang di lapangan sepakbola, Desa Sei Glugur, Kecamatan Pancurbatu, Sumatera Utara, Selasa (8/3/2022).

Yusuf mengemukakan sebagai umat muslim diharapkan bisa menjadikan Al Qur’an sebagai pegangan hidup, seperti Nabi Muhammad SAW. “Sebagai napas dan pegangan hidup seperti Nabi Muhammad SAW, yang memiliki kepribadian dan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al Qur’an, menebarkan kasih sayangnya, serta menjauhkan diri dari perkataan dan perbuatan yang menyakiti sesama,” ucap Wabup.

Pelaksanaan MTQ, harus dijadikan momentum untuk mengedukasi umat, khususnya generasi muda agar semakin cinta dan membumikan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka serta untuk syiar dan dakwah demi menyempurnakan akhlak kaum muslimin.

- Advertisement -

Sementara itu, Ketua DPRD Deli Serdang, H Zhakky Shahri SH dalam sambutannya, menyampaikan Al Quran merupakan pedoman dan pegangan hidup umat Islam untuk keselamatan di dunia dan akhirat.

“Kita semua pasti tahu Al Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang diwahyukan melalui Nabi Muhammad SAW, sebagai pedoman umat manusia yang rahmatan lil alamin, karena Al Qur’an sebagai pedoman dan pegangan hidup umat Islam untuk keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke-55 tingkat Kabupaten Deliserdang, Drs Citra Effendi Capah MSP, dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan MTQ kali ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Deliserdang nomor 27 dan 28 tentang Pembentukan Dewan Pembina/Pengawas/Majelis Hakim dan Panitia Pelaksana MTQ 55 tingkat Kabupaten Deliserdang tahun 2022.

Mengingat, saat ini masih pandemi Covid-19, maka pelaksanaan MTQ masih harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Dari hasil rapat panitia dengan organisasi perangkat daerah terkait, Satgas Covid-19, Polrestabes Medan, pada 24 Februari 2022, maka pelaksanaan MTQ dilakukan secara outdoor tapi serasa indoor. Opening ceremony hanya diikuti 343 orang. Untuk selanjutnya, pengunjung bisa masuk ke arena mimbar utama harus memakai bed dan scan barcode. Sedangkan pelaksanaan kegiatan di mimbar utama hanya pada siang hari,” jelasnya.

Drs Citra Effendi Capah yang juga Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Deliserdang ini menambahkan bagi masyarakat yang ingin mengikuti acara MTQ bisa dari rumah masing-masing dengan fasilitas zoom meeting.

Selanjutnya, Drs Citra Effendi Capah menjelaskan tema pelaksanaan MTQ ke-55 tingkat Kabupaten Deliserdang di lapangan sepakbola, Desa Sei Glugur, Kecamatan Pancur Batu, mulai Selasa (8/3/2022) hingga Sabtu (12/3/2022), adalah “Melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-55, Kita Wujudkan Generasi yang Hebat  dan Sehat Menuju Deli Serdang Maju, Sejahtera, Religius, dan Rukun Dalam Kebhinekaan.”

Tujuan pelaksanaan MTQ ke-55, sebut Drs Citra Effendi Capah, antara lain mengembangkan kemampuan seni baca Al Qur’an dengan baik dan benar, sesuai ketentuan yang diatur dalam ilmu tajwid, mampu memahami makna dan kandungan isi Al Qur’an, yang digunakan sebagai landasan spiritual untuk membangun kehidupan masyarakat yang religius.

Untuk jumlah peserta dari seluruh kafilah kecamatan sebanyak 667 orang. Sedangkan, panitia, majelis hakim dan panitera sekitar 102 orang, dengan rincian tiga orang pembina, lima pengawas, 17 sekretariat, 50 dewan hakim, dan 27 orang panitera.

Turut dihadiri Ketua DPRD Deliserdang Zakky Shahri SH, anggota DPRD Deliserdang Dra Wastianna Harahap, Ketua TP PKK Deliserdang Ny. Hj Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP PKK Deliserdang Ny Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar, Unsur Forkopimda Deliserdang, Ketua MUI Deliserdang Kyai Amir Panatagama, Tokoh Agama Sumatera Utara Buya Dr. KH. Amiruddin, MS, Perwakilan Kesultanan Serdang Hj. T. Mira Sinar, Sekdakab Darwin Zein S.Sos, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Herawati Darwin Zein, Para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, Ketua Ormas Islam. (Tom)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy