PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

Hari Guru Ke-73 Diperingati dengan Meriah di SMPN 1 Batang Toru

0 65

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM,Tapsel – Peringatan Hari Guru Nasional (PGRI) ke-73 diperingati dengan cukup meriah dan hikmad di SMPN 1 Batang Toru Jalan Merdeka Barat Batang Toru Kecamatan Batang Toru Tapsel peringatan Hari Guru Nasional ini pun diperingati tanpa mengurangi makna dari peringatan Hari Guru Nasional yang mengambil tema untuk mewujudkan Guru sebagai penggerak perubahan menuju Indonesia cerdas berkarakter dalam Revolusi Industri yang ke Empat.

Peringatan Hari Guru ini diawali dengan rangkaian Upacara Bendera dengan Pembina Upacara adalah Kepala Sekolah SMPN 1 Batang Toru,Untung P.Harahap,MPd dan pelaksana upacara adalah khusus Guru-Guru SMPN 1 Batang Toru seperti komandan upacara Alden Simare-mare,SPd,pembaca Ikrar Guru Suryati Sihombing,Spd,pembaca UUD 1945 adalah Ummi Kalsum,Spd dan pembaca doa adalah Hasril Syam,SPd dengan peserta upacara para Guru,Tenaga Tata Usaha dan seluruh Siswa-siswi SMPN 1 Batang Toru.

Kepala Sekolah SMPN 1 Batang Toru,Untung P.Harahap,MPd yang membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi menyampaikan ditengah-tengah perayaan Hari Guru Nasional ini Bangsa Indonesia sedang menghadapi Keprihatinan atas beberapa bencana dua yang terbesar baru terjadi di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah.

- Advertisement -

Tidak kurang dari 22 ribu orang Guru dan Tenaga Pendidik serta peserta didik telah menjadi korban,baik yang meninggal dunia,luka berat,kehilangan sanak keluarga maupun yang kehilangan tempat tinggal.

“Doa terbaik dari kita semua untuk para Guru dan Tenaga Pendidik yang terdampak bencana tersebut. Tema Hari Guru Nasional tahun 2018 ini adalah Meningkatkan Profesionalisme Gruru Menuju Pendidikan Abad XXI,tema tersebut dipilih mengingat tantangan pendidikan di Abad XXI semakin berat,” ungkapnya.

Lanjut untung, hal ini untuk meningkatkan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para Guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memilki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Revolusi Industri keempat yang sudah merambah ke semua sektor harus disikapi dengan arif, untuk itu diperlukan Guru yang Profesionalis,Guru yang mampu memamfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat tersebut untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan kompetensi global.

Setidaknya terdapat 3 ciri Guru profesional yang harus dimiliki oleh para Guru,pertama Guru profesional adalah Guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik,kedua seorang Guru yang profesional hendaknya mampu membangun kesejawatan dan ketiga adalah seorang Guru profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosialnya.

Usai Upacara Peringata Hari Guru Nasional yang ke-73 ini dilanjutkan dengan rangkaian acara pemotongan Nasi Tumpeng oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Batang Toru, Komite Sekolah Djihat Siregar yang diberikan kepada Guru tertua dan termuda,

selanjutnya acara dihiasi dengan pemberian cendramata atau hadiah kepada Kepala Sekolah, Guru,Tenaga Tata Usaha dan Komite Sekolah oleh siswa-siswi SMPN 1 Batang Toru dilanjutkan dengan pengalungan bunga oleh anggota Pramuka Gudep 0705 SMPN 1 Batang Toru.

Acara diteruskan dengan hiburan dan perlombaan memasak yang cukup meriah. Semua peserta dan undangan tampak larut dalam kebahagiaan dan keceriaan. (Saragi)

- Advertisement -

You might also like

- Advertisement -

Comments
Loading...