PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

Desa Dan Kelurahan Di Kecamatan Indramayu Deklarasikan ODF

0 37

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM,Indramayu- Dalam upaya mencapai sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat. Salah satu program yang terus dilaksanakan adalah Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Untuk mendukung program tersebut dibutuhkan verifikasi ODF, yaitu suatu proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Untuk mendukung program ODF di Kecamatan Indramayu, masyarakat yang berada di Desa Plumbon, Desa Singaraja, dan Desa Telukagung serta Kelurahan Lemahmekar, Kelurahan Kepandean dan Kelurahan Paoman mendeklarasikan diri sebagai desa/kelurahan ODF yang dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Indramayu, Selasa (13/4/2021).

Deklarasi ODF ini merupakan pernyataan desa/kelurahan yang telah bebas dari perilaku buang air besar di sembarang tempat setelah memenuhi proses verifikasi yang telah diadakan sebelumnya.

Camat Indramayu Drs Asep Kusdianti MSi menjelaskan, ODF atau stop buang air besar sembarangan merupakan upaya untuk terciptanya lingkungan yang bersih sehingga masyarakat terhindar dari penularan penyakit. Kegiatan ODF merupakan tangung jawab bersama baik pemerintah dan masyarakat dari semua unsur.

“Faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap derajat kesehatan masyarakat adalah lingkungan dan perilaku, perubahan perilaku sehat ini sangatlah sulit apabila masyarakat tidak mempunyai keinginan untuk merubahnya. Perubahan ini dimulai dari diri sendiri dan dimulai sejak dini, sehingga menjadi terbiasa untuk melakukan kegiatan yang lebih besar dalam rangka menuju pola hidup sehat,” kata Drs Asep Kusdianti MSi.

Pada kesempatan itu juga diberikan apresiasi kepada Kepala Puskesmas Margadadi dan Plumbon, Kuwu/Kades dan Lurah, karena memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan lingkungan dan diharapkan momentum tersebut sebagai awal dari pelaksanaan kegiatan penerapan sanitasi total berbasis masyarakat.

Selain dihadiri Camat Indramayu, deklarasi ODF desa/kelurahan juga disaksikan Kepala UPTD Puskesmas Margadadi dan Plumbon, para Kuwu/Kades dan perwakilan masyarakat.(Baebudin)

- Advertisement -

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy