PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

Bupati Indramayu Dukung Safari Gemarikan Untuk Atasi Stunting

0 31

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM, Indramayu- Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA mendukung kegiatan safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) guna memberikan motivasi tambahan dalam upaya menangani permasalahan stunting dan gizi buruk di Kabupaten Indramayu.

Menurut Hj Nina Agustina SH MH CRA, potensi sumber daya laut yang dimiliki bangsa saat ini, luar biasa besarnya dan Kabupaten Indramayu menjadi salah satu daerah di Indonesia yang diberkahi dengan sumber daya alam laut yang melimpah.

“Tentu saja pemanfaatan hasil laut telah kita lakukan selama ini, namun pemanfaatan tersebut sudah seharusnya tidak terpaku pada urusan perekonomian saja. Ikan yang merupakan hasil laut menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh,” kata Hj  Nina Aguatina SH MH CRA, pada kegiatan Gemarikan di Perumahan Graha Sudirman Indramayu, Jawa Barat, Minggu (6/6/2021) lalu.

- Advertisement -

Masih kata Hj Nina Agustina SH MH CRA, Banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak serta mencegah terjadinya stunting atau masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.

Ia mengatakan, melihat sumber daya alam yang ada secara fakta bahwa ikan mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, maka seharusnya permasalahan stunting dan gizi buruk tidak menerpa generasi bangsa ini. Di sini hal yang menjadi kendala yakni tingkat mengkonsumsi ikan pada masyarakat saat ini masih kurang dan perlu dikampanyekan.

Ia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Indramayu telah melakukan upaya-upaya dalam mendukung gerakan memasyarakatkan makan ikan. Satu di antaranya yaitu melaksanakan gerakan memasyarakatkan makan ikan tingkat Kabupaten Indramayu dengan sasaran anak usia sekolah.

Sementara, Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono ST turut mengkampanyekan gerakan makan ikan sebagai pemenuhan protein masyarakat, sekaligus mencegah stunting. Mengingat Kabupaten Indramayu merupakan daerah produksi perikanan tangkap dan perikanan budidaya terbesar di Jawa Barat, termasuk garam. Namun demikian, pengolahan ikan masih belum terlalu besar.

“Indramayu potensi perikanan dan kelautan terbesar di Jawa Barat, sehingga menjadi fokus kita bersama, agar bisa lebih baik kedepan,” kata Ono Surono ST.

Pada kesempatan  tersebut, penyerahan bantuan sebanyak 1.000 paket olahan ikan yang dihasilkan dari produksi usaha kecil menengah di Indramayu, seperti kerupuk ikan, bakso dan nuget ikan, bandeng presto, dan olahan ikan lainnya dibagikan untuk masyarakat di Kabupaten Indramayu sebanyak 500 paket dan 500 paket lainnya untuk Kabupaten Cirebon.

Hadir menyertai Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA, Direktur Logistik Ditjen PDSPKP – KKP Ines Rahmania APi SSos, Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Utara Drs Agus Sugiono MSi, Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Indramayu Edi Umaedi SP, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Indramayu Setyowati Anggraini Saputro, Forkopimcam Indramayu, Perwakilan masyarakat nelayan, kelompok pembudidaya ikan, serta warga setempat.(Baebudin)

- Advertisement -

You might also like

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy