PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

Bupati Deliserdang Resmikan Kebun Pohon Induk Unggulan Nasional dan Sekretariat KTNA/P4S di Lahan Garapan PTPN2

0 44

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM,Tanjungmorawa-Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan berjanji akan mengajak dan membawa petani Kabupaten Deliserdang berangkat ke daerah yang hasil pertaniannya terjual dipasaran.

Penegasan ini disampaikan bupati ketika memberi sambutan di acara Peresmian Kebun Pohon Induk Unggulan Nasional Kabupaten Deliserdang sekaligus Peresmian Sekretariat KTNA/P4S Kualanamu Kabupaten Deliserdang, di lahan garapan milik PTPN2,  Jalan Batangkuis, Gang Pendidikan, Kecamatan Tanjungmorawa, Rabu (16/3/2022).

“Di berbagai acara, ketika menghadiri acara-acara seperti ini, saya sering menyampaikan. Nanti bisa dicatat oleh asisten, saya pernah berjanji bahwa Pemkab Deliserdang akan mengajak petani atau kelompok tani (poktan) yang produknya terjual di mancanegara. Artinya, jika ada produk Deliserdang yang terjual nanti, bahkan di kutub utara sekalipun dan terjual di pasar bebas disana, Pemkab akan mengajak petani tersebut ke daerah sana,” ungkap Ashari.

- Advertisement -

Selain itu, Bupati juga optimis jika produk pertanian Deliserdang, bisa sejajar dengan produk pertanian dari Thailand, dan bersaing dilevel Asia.

“Keyakinan saya, tapi rasanya tanah kita tidak jauh beda dengan tanah di Thailand. Tapi kita tahu, Thailand terkenal dengan berbagai produk turunan, hasil rekayasa pertanian. Katanya, semangka berbentuk kotak ada di Thailand. Suatu ketika, tidak terlalu lama, dengan kehadiran para ahli, nanti Deliserdang imbangnya adalah Thailand untuk Asia. Itu bukan sesuatu yang tidak mungkin untuk dicapai,” tegasnya.

“Kita Bersyukur, Deliserdang ini letaknya sangat strategis, mengelilingi Kota Medan dan berbatas dengan kabupaten/kota lain. Ada bandar udara, ada Pelabuhan Belawan, dan pelabuhan di Batubara. Alamnya luar biasa subur, topografinya mulai dari dataran tinggi dan rendah sampai daerah pesisir. Jadi, tidak ada alasan bagi Deliserdang untuk tidak menjadi kabupaten yang hebat dalam semua bidang, khususnya pertanian,” pungkas bupati.

Bahkan, bupati tidak segan-segan mengatakan jika Kabupaten Deliserdang lebih unggul dari kabupaten/kota lain, khususnya di bidang pertanian.

“Daerah-daerah lain di Sumut, boleh saja memiliki sektor pertanian, dan mereka jadi kabupaten-kabupaten dengan sektor pertaniannya yang unggul. Tapi, seunggul apa pun mereka, tidak akan pernah bisa menyaingi keunggulan kita (Deliserdang). Setidaknya, dari sisi geografis. Kita lebih dekat ke pasar. Kalau produk pertanian kita kualitasnya bagus, yang paling masuk akal untuk diekspor ke luar negeri adalah produk Deliserdang dibanding dari daerah lain yang letaknya jauh dan membutuhkan biaya transportasi tinggi,” papar bupati.(Tom)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

You might also like

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy