PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

Wagubsu Minta Semua Bupati Bersatu Sukseskan Penutupan Paskah Nasional 2018

Presiden RI Jokowi akan Hadir

0 29

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM, Balige – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) yang juga Ketua Umum Panitia Paskah Nasional 2018, Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH meminta seluruh bupati di kawasan Danau Toba dapat bersatu mensukseskan Paskah Nasional 2018, terutama kabupaten Tobasa karena acara penutupan di Kota Balige akan dihadiri Presiden RI Jokowi.

Hal itu disampaikan Wagubsu Nurhajizah Marpaung setelah meninjau lokasi tempat acara penutupan Paskah Nasional 2018 di Lapangan Kota Balige, Kabupaten Tobasa, Sabtu (14/4/2018).

“Waktu sudah semakin sempit, dan kita panitia semua sudah bekerja keras agar acara ini dapat sukses,” ujar Wagubsu usai memeriksaan kondisi lapangan tempat acara Paskah, penempatan panggung, keamanan, kesediaan bibit pohon dan lainnya.

- Advertisement -

Dikatakan Wagubsu, acara ini harus sukses, sebab selain acara ritual keagamaannya berjalan secara sakral, melalui kehadiran Presiden Jokowi dalam acara itu diharapkan pembangunan kawasan Danau Toba juga dapat berjalan cepat dan tepat waktu.

“Makanya saya datang ke sini untuk memastikan sudah sejauh mana kesiapan tuan rumah Tobasa, dalam menyelenggarakan acara penutupan. Karena kalau ada yang kurang dalam acara nanti, yang malu bukan Tobasa saja, tapi semua masyarakat Sumut dan Pemprovsu, khususnya karenanya saya mengajak semua pihak untuk betul-betul fokus dan kompak dalam mempersiapkan semuanya,” ujarnya.

Disampaikan juga, minggu depan dirinya akan ke Mensesneg untuk melaporkan kesiapan penyelenggaraan tersebut. Sekaligus memastikan kehadiran Presiden Jokowi, apakah hadir pada pembukaan atau penutupan Paskah Nasional, 28 Oktober 2018 di Balige. “Kapan pun Presiden Jokowi hadir, tapi yang penting kita sudah menyiapkan segalanya. Jika nantinya Presiden menginap di Tobasa atau Parapat, kita juga sudah menyiapkannya. Ini kita lakukan, selain untuk acara keagamaan juga untuk pembangunan kawasan Danau Toba,” paparnya.

Ketua Harian Paskah Nasional Ir Bonar Sirait MSi menambahkan, melalui perayaan Paskah Nasional ke-14 di kawasan pinggiran Danau Toba ini diharapkan pembangunan di kawasan Danau Toba semakin diperhatikan oleh pemerintah pusat. Paskah Nasional akan dibuka 25 April 2018 di Sigulati Kabupaten Samosir dan Penutupan/Ibadah Raya para 28 April 2018 di Balige Kabupaten Toba Samosir.

Selain acara Paskah Nasional, juga digelar Kirab Obor Paskah “Perdamaian dan Kerukunan” dari Danau Tondano (Sulut) ke Danau Toba (Sumut). Pelepasan obor Paskah telah dimulai di tepi Danau Tondano pada 19 Maret 2018. Karena menjadi titik awal keberangkatan mengingat Tag Line dan Kirab Obor Paskah 2018 ini adalah dari Danau Tondano ke Danau Toba. Lalu pada puncak acara perayaan Paskah 25-28 April 2018 di Samosir dan Toba Samosir.

Disampaikannya, perjalanan Obor Paskah pada 12-13 April 2018 telah tiba di Padangsidimpuan, selanjutnya pada 14-15 April 2018 di Tarutung, setelahnya 16 April 2018 di Dolok Sanggul, dan 17 April 2018 di Salak. Selanjutnya 18 April 2018 di Sidikalang, 19 April 2018 di Kabanjahe, 20-21 April 2018 di Medan. Setelah itu pada 22 April 2018 di Pematangsiantar, 23 April 2018 di Raya, 24 April 2018 di Parapat, selanjutnya 25 April 2018 di Pangururan, 26-27 April 2018 di Sigulati, dan terakhir penutupan 28 April 2018 di Balige.

“Pemkab Tobasa siap menyambut Obor Paskah yang tiba di Balige, Kabupaten Tobasa pada 28 April dengan tor-tor dan acara lainnya,” sambung Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian, seraya menambahkan pihak akan menghadirkan sebanyak-banyaknya jemaat di seluruh kawasan Tobasa. Sehingga acara tersebut berjalan sukses.

Demikian juga acara penutupan Paskah, pihaknya akan mempersiapkannya sebaik mungkin termasuk acara kebaktian dan lainnya. “Mulai jalan salib, ibadah, penanaman pohon, penandatangan prasasti, festival gondang naposo di Pantai Pasir Putih serta lainnya. Sebab kehadiran Presiden Jokowi akan berdampak pada pembangunan kawasan Danau Toba, khususnya Tobasa. Makanya kita sangat berharap kehadiran Pak Presiden pada penutupan Paskah Nasional di Balige,” ujarnya.

Sedangkan Panitia Paskah Nasional Pusat Teddy menyampaikan, sejumlah Bupati dan Gubernur yang beragama kristen di Indonesia, akan hadir dalam acara Paskah tersebut. “Antara lain, Bupati Poso, Bupati Toraja, Gubernur Papua Barat dan lainnya. Karenanya kita sangat mengharapkan Paskah ini dapat berjalan sukses,” ujarnya.

Turut hadir saat itu, jajaran pejabat Pemkab Tobasa, para pendeta, pastor, tokoh agama, tokoh masyarakat, panitia Provsu dan panitia lokal lainnya. (Nando)

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments
Loading...