PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

USU Miliki Alat PCR, NasDem Sumut Minta Gubsu Berdayakan USU Untuk Diagnosa Covid 19

0 200

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM, Medan – Fraksi Partai NasDem Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang diwakili Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, Ketua Fraksi dr Tuahman Fransiscus Purba, Sekretaris Fraksi Dimas Triadji, Bendahara Fraksi Roni Reynaldo Situmorang mengunjungi Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu di rumah dinas rektor, Rabu (15/4/2020).

Tujuannya, guna mengetahui kesiapan USU dalam penanganan Pandemic Covid 19 dan ikut berperan, membantu bahkan jika diperlukan melakukan diagnostik.

“Hal ini dilakukan karena USU memiliki predikat cukup bagus, memiliki Tri Dharman pendidikan dan merupakan universitas kebanggaan rakyat Sumut,” kata Tuahman didampingi Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, Sekretaris Fraksi NasDem Dimas Triadji, Bendahara Fraksi NasDem Roni Reynaldo Situmorang dan Staf Ahli Fraksi Anderson King Junior di ruang rapat fraksi Gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (15/54/2020).

Dijelaskan Tuahman, pada pertemuan tersebut terungkap bahwa USU sangat siap dan terbuka bagi siapapun dalam penanganan Pandemic Covid 19.

“Hal ini dibuktikan sedang dibangunnya ruang isolasi yang dilengkapi dengan ruang isolasi untuk pasien Covid 19 dengan dilengkapi fasilitas pendingin ruangan (AC) yang menggunakan Hepa Filter, ruang bertekanan negatif dan instalasi limbah yang terpisah dari gedung utama,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris Fraksi NasDem Sumut, Dimas Triadji yang mengungkapkan bahwa saat ini USU berinisiatif menganggarkan secara mandiri untuk penyediaan alat pemeriksaan Covid 19. Sehingga Sumut tidak perlu lagi menunggu dari Pemerintah Pusat

Selain itu, lanjut Dimas, USU sudah memproduksi sendiri Hand Sanitizer, disinfektan dan bahkan memiliki dua unit alat PCR yang siap digunakan untuk diagnosa Covid 19.

“Namun USU memiliki kendala untuk mendapatkan zat kimia Reagensia yang sangat membantu dalam mempercepat hasil pemeriksaan PCR,” tuturnya.

Karena itu, masih kata Dimas, Fraksi NasDem DPRD Sumut mengapresiasi kesiapan dan peran USU dalam penanganan Covid 19 di Sumut.

“Kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendorong penambahan alat PCR dari BPTKL untjk RS USU sehingga membantu percepatan melawan Virus Corona,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sumut dari Fraksi NasDem, Rahmansyah Sibarani menegaskan bahwa kunjungan Fraksi Partai NasDem ke Rektor USU dan tinjauan ke RS USU murni keingintahuan pihaknya tentang kesiapan USU dalam penangan Covid 19.

Setelah dilakukan peninjauan, lanjut Rahmansyah, USU sudah sangat siap baik SDM peralatan. Bahkan memiliki alat PCR yang digunakan mendiagnosa SWAB Covid 19.

“Untuk itu, Pemprovsu diminta harus memberdayakan SDM USU dan fasilitasnya. Secara kelembagaan, jangan bersifat individu seperti yang diambil Pemprovsu untuk tim gugus tugas. Mereka punya alat PCR untuk bisa mendiagnosa Covid 19 di Sumut tanpa harus ke Jakarta.

Terkait Soal PCR, tegas Rahmansyah, selain USU ada dua instansi di Medan yang memiliki alat tersebut yakni PP Lonsum dan KKP Belawan yang diletakkan di laboratoriumnya di Jalan Ayahanda.

“Jadi sebenarnya Sumut tidak perlu lagi mengirimkan diagnosa Covid 19 ke Jakarta, karena ada 3 instansi yang memiliki alat PCR. Pemprovsu hanya tinggal mengadakan zat kimia Reagensia yang saat ini sulit mendapatkannya,” tandasnya.

Untuk itu, masih kata Rahmansyah, dimintakan kepada kepada Gubsu bisa menjembatani pembelian Reagensia dan menggandeng USU untuk penaggulangan Corona khususnya pendiagnosa Covid 19. (Fernando)

- Advertisement -

You might also like

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy