PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

Sutrisno Pangaribuan Terpilih Sebagai Ketua Komisi D DPRDSU

0 568

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM, Medan – Anggota DPRD Sumut Sutrisno Pangaribuan, ST ditetapkan dan dipilih sebagai Ketua Komisi D DPRD Sumut dengan masa tugas tahun 2019 dalam Rapat Paripurna Penetapan Pimpinan dan Anggota Kelengkapan Dewan, Selasa (8/01/2019).

 

Demikian hasil pemilihan Pimpinan dan Alat-alat Kelengkapan DPRD Provinsi Sumatera Utara Masa Tugas Tahun 2019 yang dibacakan Wakil Ketua DPRD Sumut, Aduhot Simamora pada Selasa (8/01/2019).

 

“Hadirin dan rapat dewan yang terhormat, karena pemilihan pimpinan komisi, badan pembentukan peraturan daerah dan badan kehormatan DPRD Sumut masa tugas tahun 2019 telah selesai dilaksanakan maka skor kami cabut dan rapat kita lanjutkan,” ujar Aduhot Simamora.

 

- Advertisement -

Adapun hasil pemilihan Pimpinan Alat-alat Kelengkapan DPRD Provinsi Sumatera Utara masa Tugas Tahun 2019 adalah sebagai berikut :
1. KOMISI A
Ketua       : Muhri Fauzi Hafiz
Wakil Ketua : Brilian Moktar, SE
Sekretaris  : H.M. Hanafiah Harahap, SH
2. KOMISI B
Ketua    : H. ROBBY ANANGGA, SE
Wakil Ketua : Ir. H. ISKANDAR SINAGA
Sekretaris  : H. AJIE KARJM
3. KOMISI C
Ketua       : HM. ISKANDAR SAKTI BATUBARA, SE,MSP
Wakil Ketua : ABDUL MANAN NASUTION, S. SOS
Sekretaris  : ZEIRA SALIM RITONGA
4. KOMISI D
Ketua       : SUTRISNO PANGARIBUAN. ST
Wakil Ketua : JUBEL TAMBUNAN, SEKRETARIS : H. BURHANUDDIN SIREGAR, SE
5. KOMISI E
Wakil Ketua : ROBERT LUMBAN TOBING, SE, AK. M.SI
Wakil Ketua : SITI AMINAH BR. PERANGIN-ANGIN, SE, MSP
6. BADAN PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH
Ketua    : Ebenejer Sitorus, SE
Wakil Ketua : H. Moh. Nezar Djoeli, ST
7. BADAN KEHORMATAN DEWAN
Ketua    : Toni Togatorop, SE

 

“Dengan ditetapkannya rapat paripurna dewan dalam rangka penetapan pimpinan dan anggota kelengkapan dewan dimaksud, maka pimpinan dan anggota alat-alat kelengkapan dewan sudah dapat efektif melaksanakan tugasnya,” ungkap Aduhot.
Ketua Komisi D DPRD Sumut Sutrisno Pangaribuan saat diwawancarai kru Patrolinews.com, Selasa (8/1/2019) usai menerima pengaduan tenaga medis terkait PHK sepihak yang dilakukan RS. Sari Mutiara di ruang rapat Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut.

Terpisah, Sutrisno Pangaribuan saat dimintai tanggapannya oleh awak media ini menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan DPD PDIP Perjuangan Sumatera Utara untuk penugasannya sebagai Ketua Komisi A DPRD Sumut.

 

“Prosesnya melalui usul pimpinan Fraksi lalu diajukan ke DPD Partai dan disampaikan ke komisi lalu ditetapkan diparipurna,” terang Sutrisno yang juga Wakil Ketua Fraksi PDIP Perjuangan usai acara rapat Paripurna penetapan pimpinan dan anggota kelengkapan dewan.

 

Lanjut Juru Bicara Tim Kampanye Daerah Joko Widodo – Mahruf Amin Wilayah Sumatera Utara itu menerangkan atas terpilihnya sebagai Ketua Komisi D, dirinya akan fokus menuntaskan program kerja 4 tahun DPRD Sumut untuk memprioritaskan penyelesaian masalah lingkungan hidup.

 

“Ini tahun terakhir, kita akan lebih fokus terutama dalam lingkungan hidup tetapi tidak hanya sekedar seremonial dan kita akan lebih serius. Kalau memang ada pelanggaran-pelanggaran dengan pelaku usaha maka kita akan sampai pada tindakan-tindakan yang lebih konkrit sampai pada upaya perbaikan. Jadi tidak hanya sekedar memanggil dan melakukan kunjungan dengan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Kabupaten Kota,” tegas Wakil Ketua Fraksi PDIP Perjuangan itu.

 

Alasannya lingkungan hidup menjadi target penanganan pertama, ungkap Sutrisno dikarenakan pencemaran lingkungan hidup jarang terlihat masyarakat, namun dampaknya sangat dapat dirasakan sehingga diperlukan penanganan yang lebih serius.

 

“Jadi kalau kita tidak masuk ke dalam perusahaan-perusahaan itu kita tidak melihat dampaknya, tidak melihat pengelolaan limbahnya maka kita tidak tahu. Kalau jalan rusak masyarakatkan langsung mengetahuinya. Jadi bagaimana agar Dinas Lingkungan Hidup melakukan Pengawasan yang baik terhadap mereka (perusahaan,red),” jelasnya.

 

Fokus kedua, lanjut Ketua Komisi D ini menjelaskan yaitu pengawasan pada infrastruktur seperti jalan dan jembatan, drainase, perumahan dan kawasan permukiman, sumber daya air dan perhubungan serta energi dan mineral.

 

“Daerah-daerah yang belum teraliri listrik, penambangan liar, galian C, izin tambang ilegal seperti di Mandailing Natal menurut infonya ada sekitar 2000 tambang liar. Inikan harus segera ditertibkan, jangan dibiarkan penambangan dengan sembarangan membuang merkuri ke sungai. Itu semua kita akan tuntaskan dalam tahun 2019,” tambah Wakil Ketua Fraksi PDIP Perjuangan ini menjelaskan skala prioritas pengawasan Komisi D DPRD Sumut.

 

Diketahui Sutrisno Pangaribuan sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Komisi D DPRD Sumut tahun 2018. Karir politisi PDIP Perjuangan asal Dapil Sumut 7 Wilayah Tabagsel ini menanjak terus seiring dengan keaktifannya menampung keluhan-keluhan masyarakat. (Pnc-1)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

You might also like

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy