PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

Pemprovsu Gelar FGD dan Workshop DBON di Madina

0 13

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM,Madina-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provsu kembali melaksanakan Focus Group Discusion (FGD) dan Workshop penyusunan pedoman pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang berlangsung 21-22 Juli 2022 di Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

FGD ke empat kali ini diikuti 7 Kabupaten/kota di sekitar Pantai Timur yakni, Kabupaten Mandailing Natal sebagai tuan rumah, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Sibolga, Tapanuli Tengah, Padang Lawas Utara dan Padang Lawas.

Acara pembukaan dihadiri Kadisporasu diwakili Sekdis Hj Dahliana, Bupati Madina diwakili Sekda Gozali Pulungan, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Sekda Padang Sidimpuan, serta para pelaku dan pembina olahraga perwakilan dari 7 Kabupaten/kota.

- Advertisement -

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam sambutan pembukaan yang dibacakan Sekdis Disporasu Hj Dahliana mengatakan Fokus Grup Diskusi (FGD) merupakan wadah untuk menyusun pedoman pelaksanaan, petunjuk teknis dan petunjuk lapangan sebagai implementasi Perpres No 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Gubsu FGD tersebut merupakan d momentum yang berharga sebagai bentuk komitmen insan olahraga untuk meningkatkan prestasi sesuai dengan visi dan misi DBON yakni Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul dan Berpretasi Dunia.

“Selama dua tahun lebih kita tidak melaksanakan aktivitas Olahraga akibat pandemi Covid-19, saat ini semua kegiatan termasuk olahraga sudah mulai bisa dilaksanakan,” kata Gubsu.

Pada kesempatan itu Gubsu kembali mengingatkan peserta FGD bahwa tepat pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 38 tanggal 9 September 2021 Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo telah menandatangani Perpres No 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional atau disingkat DBON.

Gubsu mengatakan DBON berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan Nasional yang dilakukan secara efektif dalam lingkup olahraga prestasi, olahraga pendidikan, olahraga rekreasi dan industri olahraga.

Secara umum Gubsu menjelaskan tujuan DBON adalah untuk meningkatkan budaya berolahraga di masyarakat, meningkatkan kapasitas/sinergitas, produktivitas prestasi olahraga nasional dan memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga.

Sedangkan fungsinya kata Gubsu, untuk memberikan pedoman bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah Provinsi, pemerintah kabupaten/kota, organisasi olahraga, cabang olahraga, dunia usaha dan industri, akademisi, media dan masyarakat penyelenggara olahraga nasional.

Sementara Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga (PPO) Dispora Sumut M Tohir SPd mengatakan FGD di Madina dihadiri Para kelompok Ahli dan Tim Koordinasi Pakar DBON Disporasu.

Para narasumber tersebut kata Tohir dibagi sesuai dengan materi yang dibahas yakni DBON Olahraga Pendidikan, DBON Olahraga Pretasi, DBON Olahraga Rekreasi (Masyarakat), DBON Industri olahraga dan Pariwisata olahraga.(Hls)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

You might also like

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy