PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

Ketua Komisi D Sampaikan Pokir DPRD Sumut di Forum OPD Penyusunan Reinstra DLH Provsu Tahun 2018-2023

0 591

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM, Medan – Ketua Komisi D DPRD Sumut Sutrisno Pangaribuan menyampaikan 8 (delapan) pokok pikiran DPRD Sumut di Forum OPD Penyusunan Reinstra Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumatera Utara yang digelar di Hotel Grandhika Jl. Dr. Masyur Medan, Senin (12/02/2019).

Turut hadir sebagai nara sumber dalam kegiatan itu Kadis LH Provsu Ir. Binsar Situmorang, Dr Grabriel Lele dari Pusat Pengembangan Kapasitas Sama Kerjasama (PPKK) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada, Prof Zulkifli Nasution sebagai Moderator dan OPD Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

8 (delapan) pokok pikiran DPRD Sumut yang disampaikan itu yakni pengadaan tong/gerobak sampah, pembangunan sarana air bersih, pembangunan sanitasi masyarakat, pembangunan TPA terpadu, penambahan jumlah PPNS untuk Kabupaten/Kota, pengggalakan Adiwiyata, pembuatan sistem digital informasi lingkungan, pelatihan daur ulang sampah dan penyebaran bahan kampanye tentang lingkungan hidup.

- Advertisement -

Dikatakan Sutrisno sebagai legislator, seharusnya DPRD berperan penting memberikan contoh dan turut untuk menciptakan lingkungan hidup yang sehat, terlebih dalam pelaksanaan pesta rakyat 2019 (Pemilu). Salah satunya dengan tidak membuat bahan kampanye spanduk dan baliho dari plastik.

“Salah satunya dengan tidak menggunakan alat peraga kampanye yang terbuat dari plastik seperti Baliho dan spanduk yang bertebar di setiap sudut lingkungan masyarakat, apalagi dengan menempeli di pepohonan. Di daerah pemilihan saya tidak ada satupun spanduk maupun baliho kampanye yang tempelkan,” ungkapnya saat menjadi nara sumber di Forum OPD Penyusunan Reinstra Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumatera Utara yang digelar di Hotel Grandhika Jl. Dr. Masyur Medan, Senin (12/02/2019).

Stop Menggunakan Kantong Plastik. LP

Alasannya, ungkap Sutrisno karena bahan plastik tidak bisa diurai oleh tanah selama 400 tahun, sehingga dirinya membuat dan memberikan tas kain yang bertuliskan “Stop Menggunakan Kantong Plastik”.

“Bisa dicek di Dapil saya, kita tidak gunakan itu (Baliho/spanduk). Bisa kita banyangkan, puluhan ribu ton spanduk kampanye yang diproduk selama pemilu ini. Memang di tahun politik ini itu penting, hanya saya menyadari pembelajaran kepada masyarakat juga adalah lebih penting. Karena kita harus menjaga kelangsungan lingkungan hidup kita,” tegas politisi dari Partai PDI Perjuangan ini.

Kadis LH Provsu Ir. Binsar Situmorang menyampaikan Dinas Lingkungan Hidup akan membuat Perda Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) bersama DPRD dan berharap mulai sejak perencanaan sampai penegakan hukum nantinya dapat mensukseskan pengelolaan lingkungan hidup di Sumatera Utara.

Binsar juga menambahkan, bahwa TPA sampah belum terealisasi untuk Kabupaten, namun pihaknya berencana di tahun ini akan merancang untuk pembangunan TPA yang nantinya berlokasi di Kabupaten Deliserdang.

“Selain itu, penanganan pencemaran sungai, limbah domestik, ketaatan pelaku usaha belum maksimal dan menjadi tanggungjawab bersama dan mencari permasalahan untuk melakukan penegakan hukum secara ketat di tahun 2019,” tukasnya. (Pnc-1)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

You might also like

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy