PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

Ketua DPRD Sumut Serahkan Bingkisan ke Pengungsi Asal Sumut dari Wamena Papua

0 142

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM, Medan – Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyerahkan bingkisan kepada para pengungsi asal Sumut dari Wamena Papua. Penyerahan itu diberikan dalam acara “Silaturrahmi Penyambutan/Pemulangan Warga Sumatera Utara di Wamena, Provinsi Papua ke Sumatera Utara” yang digelar di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu, pada Rabu (9/10/2019) sekira pukul 17.30 Wib.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting kepada wartawan mengatakan, DPRD Provinsi Sumatera Utara mengapreasiasi tindakan yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Utara yang perduli terhadap para pengungsi asal Sumatera Utara.

Lanjut Baskami, DPRD Sumut juga akan mendukung bilamana Pemprovsu memerlukan anggaran untuk pemulangan pengungsi dari Wamena, Provinsi Papua.

- Advertisement -

“Tindakan yang dilakukan Pemprovsu masih sesuai dengan harapan kita sebagai wakil rakyat, dan DPRD mendukung dalam menghadapi masalah ini. Kalau nanti tidak anggaran nanti kita minta dimasukkan dalam APBD Sumut,” ungkap politisi PDI Perjuangan ini usai menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada pengungsi.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menjelaskan, ada 36 orang warga Sumatera Utara dari Wamena Papua yang telah sampai saat ini di Medan.

“Ada dari Sibolga, Humbang Hasundutan, Taput, Simalungun, Tobasa. Dimana sebanyak 14 orang dijemput dari Surabaya dan 22 orang dari Jakarta jadi total 36 orang. Sedangkan 17 orang dijemput keluarganya di Malang dan sudah serah terima dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Total seluruh pengungsi asal Sumatera Utara yang berada di Wamena ada kira-kira 800 orang tapi kita belum dapat memastikan keberadaan mereka,” ujar Edy.

Edy juga menjelaskan, ada sebanyak 133 orang pengungsi asal Sumut yang telah meminta kembali ke Wamena dan telah diberangkatkan kembali,

“Saya kordinasi dengan TNI AU dan disiapkan Hercules dan akhirnya meraka diberangkatkan kembali ke Wamena. Nama-namanya tercatat. Nanti menyusul 264 orang dari Jayapura berangkat ke Belawan melalui Tanjung Periok dimana kondisi kesehatan baik dan logistiknya cukup. Saya minta semuanya diserahkan ke Pemkab orang per orang. Sesampainya di daerah masing-masing agar Pemkab dapat bertanggungjawab,” tegas Edy.

Diberitakan, Tim Khusus Sumut Peduli Wamena yang dikirim Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) ke Papua, terus bekerja mendata dan memberi bantuan kepada warganya yang terdampak kerusuhan di sana. Sejauh ini sudah ratusan orang yang terdata dan sebagian besar minta dipulangkan ke Sumut.

“Hingga saat ini tim terus bekerja,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumut Riadil Akhir Lubis, Minggu (6/10/2019).

Utusan yang dikirim Pemprov Sumut dibagi dalam tiga tim. Tim 1 ke Jayapura, Papua, Tim 2 ke Surabaya, dan Tim 3 di Tanjung Priok. (Pnc-1)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

You might also like

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy