PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

Gubsu, Wali Kota & Bupati Deli Serdang Bersinergi Atasi Banjir

0 28

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM, Medan – Masalah banjir yang menerpa Kota Medan, Sabtu (15/9/2018) dan Minggu (16/9/2018), mendapat perhatian serius Gubsu Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, terutama banjir yang diakibatkan meluapnya Sungai Babura. Selasa (17/9/2018), Gubsu dan Wali Kota meninjau langsung kawasan terparah yang terkena dampak meluapnya Sungai Babura di Gg Sareman dan Gg Mandor, Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang. Pasalnya, ketinggian air kala itu mencapai atap rumah warga.

Peninjauan dilakukan sebagai langkah untuk mengatasi masalah banjir yang telah menerpa warga sejak tahun 2011. Itu sebabnya peninjauan yang dilakukan itu diikuti Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan. Sebab, penyelesaian banjir yang akan dilakukan nanti melibatkan wilayah Deli Serdang. Selain peninjauan, upaya penangan banjir dilakukan dengan menggelar rapat dengan melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan akademisi di Kantor Lurah Beringin.

Begitu tiba di lokasi, Gubsu, Wali Kota dan Bupati Deli Serdang langsung meninjau Sungai Babura hingga bibir sungai. Saat melintasi rumah warga, tidak sedikit yang terlihat tengah sibuk membersihkan rumah dari sisa-sisa banjir. Peninjauan diikuti Kepala Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II Roy Panagong Pardede.

- Advertisement -

Dari hasil peninjauan yang dilakukan, kondisi Sungai Babura cukup memprihatikan karena mengalami pendangkalan dan penyempitan. Akibatnya ketika intensitas hujan tinggi disertai limpahan air dari gunung, Sungai Babura tak mampu menampung debit air sehingga terjadi back water dan merendam rumah warga.

Usai mendengar berbagai masukan, Gubsu memutuskan agar dibentuk sebuah tim terpadu guna mengatasi banjir tersebut. Tim yang dibentuk itu melibatkan unsur Pemprovsu, Pemko/Pemkab, BWS Sumatera II dan segenap OPD terkait.

Usai rapat, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasi dengan langkah yang dilakukan Gubsu. Pasalnya, sebab masalah banjir yang selama ini melanda Kota Medan tidak terlepas karena umumnya sungai yang melintasi ibukota Provinsi Sumatera Utara mengalami pendangkalan dan penyempitan.

Pemko Medan, jelas Wali Kota, melalui OPD terkait terus fokus melakukan perbaikan drainase. Dengan perbaikan yang dilakukan, drainase dapat berfungsi untuk mengalirkan air menuju pembuangan akhir. Kemudian diikuti dengan pembersihan drainase yang dilakukan pihak kecamatan dan kelurahan melalui personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) di wilayah kerjanya masing-masing. (Pnc-1)

- Advertisement -

You might also like

- Advertisement -

Comments
Loading...