PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

DPRD Sumut Minta Gubsu Bangun 3 Ruas Jalan Provinsi di Samosir sebagai Jalan Penghubung 7 Kabupaten di Danau Toba

0 956

PATROLINEWS.COM, Medan – Rapat Kerja (Raker) DPRD Provinsi Sumatera Utara yang digelar pada 23 – 26 September 2021, meminta agar Gubernur Sumatera Utara membangun Jalan provinsi yakni Gonting – Janji Raja, Kabupaten Samosir karena merupakan jalan pesisir untuk menghubungkan 7 kabupaten se-kawasan Danau Toba.

Demikian disampaikan Sekretaris Fraksi Demokrat DPRD Sumut Tangkas Manimpan Tobing, ST kepada wartawan saat diwawancarai kru Patrolinews.com melalui telepon selulernya, Senin (27/9/2021).

“Memang benar itu merupakan usulan kita melalui Fraksi Demokrat yang disampaikan dalam pelaksanaan rapat kerja kemarin. Dan usulan itu diterima fraksi dan didukung rekan-rekan dewan sehingga masuk dalam rekomendasi raker untuk disampaikan kepada Gubernur Sumatera Utara,” ujarnya.

Politisi berlambang mercy ini menjelaskan bahwa berdasarkan lampiran keputusan Gubernur Sumatera Utara nomor : 188.44/673/KPTS/2018 tanggal 08 Juni 2018 Tentang Penetapan Ruas Jalan menurut statusnya sebagai jalan Provinsi Sumatera Utara dimana jalan provinsi di Kabupaten Samosir ditetapkan sebanyak 3 ruas jalan dengan total panjang 74,45 km.

“Salah satu jalan provinsi tersebut yaitu ruas Gonting-Janji Raja (batas Kabupaten Humbang Hasundutan), dengan panjang 42,58 km merupakan jalan strategis nasional sesuai dengan peraturan presiden nomor 81 tahun 2014 tentang Rencana Tata ruang kawasan Danau Toba dan sekitarnya. Bahwa jalan Gonting-Janji Raja merupakan jalan pesisir Danau Toba untuk konektivitas 7 kabupaten se-kawasan Danau Toba,” jelasnya.

Lanjut Tangkas, mirisnya sejak tahun 2018 sampai sekarang  pemerintah Provinsi Sumatera Utara belum pernah melakukan penanganan pada ruas jalan tersebut.

“Sementara pada tahun 2020 pemerintah pusat melalui Balai Besar pelaksana Jalan Nasional II Medan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI melakukan peningkatan struktur Jalan Gonting-Janji Raja  sepanjang ± 4 km untuk mendukung destinasi wisata Bukit Sibeabea dan Bukit Holbung dimana objek wisata tersebut merupakan objek wisata primadona yang banyak dikunjungi wisatawan saat ini,” pungkasnya.

Oleh karena itu, sebagai putra Batak dan untuk mendukung program pemerintah pusat, politisi Demokrat ini meminta agar usulan tersebut dimasukkan dalam raker DPRD Sumut tahun 2021 sebagai program kerja untuk dilaksanakan di tahun 2022.

“Jika ruas jalan tersebut ditingkatkan maka waktu tempuh menuju Danau Toba khususnya ke Kabupaten Samosir menjadi singkat, dimana jika wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba, jika sudah landing dapat menuju Kabupaten Samosir dengan melintasi pesisir Danau Toba. Untuk itu DPRD Provinsi Sumatera Utara meminta agar Gubernur Sumatera Utara melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara segera melakukan rekonstruksi Jalan Gonting-Janji Raja batas Kabupaten Humbang Hasundutan,” tegasnya sembari menambahkan bahwa usulan itu merupakan permintaan masyarakat saat pelaksanaan reses. (Pnc-1)

You might also like
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy