PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

Disporasu Umumkan Pemenang Lagu Tema PON Sumut – Aceh 2024

0 14

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PATROLINEWS.COM,Medan-Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara bersama Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/ Aceh – Sumut 2024, mengumumkan pemenang sayembara cipta ‘lagu tema’ PON dengan judul lagu ‘Bersatu Kita Juara’ yang juga menjadi tagline ajang multi event olahraga empat tahunan itu.

Pengumuman yang berlangsung di kantor Disporasu, Rabu (21/12/2022) diserahkan secara simbolis pemenang kepada Abi Nubli Qisthy. Pria asal Kota Medan itu berhak mendapatkan uang tunai Rp 50 juta yang diserahkan oleh Kadispora Sumut Tuahta Ramajaya Saragih, didampingi Sekretaris Umum PB PON XXI/2024 Aceh – Sumut wilayah Sumut, Afifi Lubis.

Kadispora Sumut, Tuahta Ramajaya Saragih mengatakan lomba tema lagu ini adalah lanjutan dari sayembara logo, maskot, dan tagline PON yang sebelumnya sudah selesai diumumkan pemenang. Sedangkan sayembara lagu tema mulai diperlombakan pada akhir November dan dilakukan penjurian pada awal Desember oleh dewan juri yang telah ditunjuk.

- Advertisement -

“Ada 14 yang mengirimkan karyanya terhadap dewan juri. Termasuk pesertanya dari luar Sumut termasuk Aceh pun ada. Kita krucutkan lima besar kemudian tiga besar hingga kita umumkan pemenangnya adalah Abi Nubli Qisthy,” ucap Tuahta Ramajaya.

Setelah diumumkannya pemenang lagu tema PON, akan kembali diserahkan kepada KONI pusat dan panitia PB PON untuk dilakukan penyempurnaan lirik dan masukan dari berbagai pihak sebelum akhirnya dilaunching secara nasional. Termasuk dari coumposser yang dipercaya untuk perindah lagu tema PON. “Ini bahan mentah atau karya dasar, dan nanti kita serahkan kepada coumposser yang berkompeten untuk memperkaya lagu tema ini. Makanya bisa bertambah ataupun berkurang,” katanya.

Lebih lanjut, Tuahta mengatakan untuk lagu tema ini akan disosialisasikan secara masif di beberapa kegiatan olahraga di Sumut baik di kejuaraan nasional maupun berskala daerah. Termasuk menekankan kepada Pengurus cabang olahraga yang mengadakan event wajib memperdengarkan lagu tema PON pada setiap acara seremonial. “Lagu tema ini juga akan diperdengarkan setelah lagu Indonesia raya, mars patriot, baru diputar lagu tema PON,” ujar Tuahta.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris Umum PB PON XXI/2024 Aceh – Sumut wilayah Sumut, Afifi Lubis. Bagi PB PON, lagu tema ini juga akan dilakukan koordinasi dengan KONI pusat untuk penyempurnaan sebelum disebarluaskan kepada masyarakat, baik melalui media sosial seperti instagram, tiktok, dan media sosial lainnya.

“Akan ada pra PON tahun depan dan beberapa tahapan seleksi atlet menuju PON melalui kejuaraan. Di situ momen kita lakukan sosialisasi. Tapi, intinya kita akan lakukan sosialisasi secara gencar kepada masyarakat Sumut khususnya bahwa tahun 2024 kita bakal menjadi tuan rumah PON yang baik,” tutur Afif.

Sedangkan Sekretaris KONI Pusat, Ade Lukman melalui video virtual mengapresiasi kerja cepat bagi panitia PON bersama Sumut – Aceh yang telah selesai merampungkan sayembara Logo, maskot, tagline, dan lagu tema sesuai jadwal. Pihaknya berharap hasil sayembara segera bisa disosialisasikan kepada masyarakat luas, terutama di Sumut dan Aceh. Ade juga meminta panitia PB PON wilayah Sumut – Aceh bisa melakukan percepatan persiapan mulai sarana dan prasarana venue, trabsportasi, akomodasi, hingga sukses prestasi, tuan rumah, dan administrasi.

“Kita nanti juga meminta bantuan kepada Kominfo untuk bisa ikut mensosialisasikan PON 2024 ini ke stasiun radio dan televisi di seluruh Indonesia agar gaung PON lebih besar dan semarak. Waktu tersisa satu setengah tahun lagi tentu tidak lama, maka persiapkan secepat mungkin demi suksesnya PON di Sumut – Aceh, baik sebagai penyelenggara, prestasi, dan administrasi,” pinta Ade.

Pengumuman pemenang tema lagu turut dihadiri Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua BAPOMI Sumut, dr Hj Liliana Puspasari, SPd, M.Kes, Sekretaris NPC Sumut Suliadi, Wakil Ketua KORMI Sumut, Dr Imran Akhmad. Kemudian Sekretaris Disporasu Ismail, SH, MSP, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Disporasu Budi Syahputra, SPd, M.Si, dan jajaran pejabat struktural Disporasu.(Hls)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy