PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

Disoal Kebakaran Hutan di Samosir, Tangkas Manimpan Minta Gubernur Bentuk Tim Patroli Terpadu Dalkarhutla di Kawasan Danau Toba

0 173

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM, Medan – Anggota DPRD Sumut Tangkas Manimpan Tobing berang akibat peristiwa kebakaran hutan yang sering terjadi di seputaran danau toba khususnya di Kabupaten Samosir,seperti yang terjadi saat ini kebakaran hutan yang menghanguskan 49 hektar lahan di beberapa desa meliputi Sipitudai, Janji Martahan, Simulop, dan Sabulan. Ia pun meminta agar Gubernur Sumatera Utara segera membentuk Tim Patroli Terpadu Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla).

“Pasalnya Kabupaten Samosir itu merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang sudah seharusnya pemerintah Sumatera Utara wajib memelihara secara serius hutan yang berada di Kabupaten Samosir tersebut karena kejadian ini sudah berulang kali terjadi. Jadi kita minta segera dibentuk Tim Patroli Terpadu Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan agar kejadian ini tidak terulang,” tegas anggota DPRD Sumut yang membidangi kehutanan ini kepada Patrolinews.com, Senin (8/8/2022).

- Advertisement -

Lanjutnya, Tim Patroli Terpadu Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan ini nanti personilnya dari personil polisi, TNI, Dinas kehutanan dan masyarakat.

“Masalah anggarannya nanti Pemprov Sumatera Utara bisa juga kordinasi dengan pemerintah pusat juga,” sarannya.

Selain itu, politisi dari partai berlambang mercy ini meminta agar Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara dapat meningkatkan pengawasan dan membuat program sosialisasi kepada petani dan tentang pengolahan lahan pertanian tanpa bakar, penyediaan akses teknologi tepat guna dan akses permodalan, serta pembimbingan secara berkala.

Tangkas juga menegaskan agar Polda Sumut dan Polres Samosir dapat segera mengungkap pelaku pembakaran hutan di Kabupaten Samosir.

“Pelaku pembakaran hutan di Samosir ini harus segera ditangkap karena sudah merusak kawasan destinasi wisata prioritas Danau Toba, demikian juga pelaku pembakaran hutan yang terjadi di Tapanuli Utara baru-baru ini. Agar kejadian ini dapat memberikan efek jera kepada pelaku dan juga masyarakat lainnya,” tukasnya. (Pnc-1)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

You might also like

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy