PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

BPBD Asahan Gelar Simulasi Tanggap Bencana di Desa Pondok Bungur

0 30

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM, Asahan – Dalam rangka memperingati Hari Kesiap siagaan Bencana (HKB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan telah melakukan kegiatan sosialisasi dan simulasi bencana gempa bumi, dalam pelaksanaan tersebut kader relawan yang tergabung dalam wadah Sadar Bencana bagi Organisasi Wanita beserta warga masyarakat desa Pondok Bungur Kecamatan Rawang Panca Arga, Jumat (27/4/2018).

Turut hadir dari instasi terkait diantaranya Dinas Kesehatan, Pemadadam Kebakaran, aparatur desa Pondok bungur.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Becana Daerah Kabupaten Asahan drs.H.Syafruddin Harahap,M.Si melalui Kepala Bidang Logistik Khaidir Sinaga mengatakan Kepada awak Patrolinews bahwa BPBD kabupaten Asahan secara rutinitas akan melakukan kegiatan ini, dan BPBD Kabupaten Asahan juga membuat simulasi secara massal yang melibatkan semua unsur, namun rencana ini masih dalam tahap perencanaan serta menunggu persetujuan pimpinan.

- Advertisement -

“Simulasi massal yang dilaksanakan ini semata-mata untuk meningkatkan kesiap siagaan warga masyarakat serta cara penanggulangannya terhadap bencana yang sedang terjadi,’ tukasnya.

Lanjut Khaidir Sinaga mengatakan bahwa peran serta masyarakat dalam penanggulangan bencana sangat besar dan hal ini bukan hanya peran dari Pemerintah saja dan masyarakat merupakan ujung tombaknya, Pemerintah akan mensupport semua kebutuhan yang dibutuhkan di lokasi bencana.

Sementara M Sitorus sebagai nara sumber dari unit PSC 119 Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan menyampaikan penjelasan terkait dampak dari terjadinya bencana, terlebih dalam penanganan medis maupun penyakit yang akan timbul pasca terjadinya bencana.

“Pelayanan yang diberikan oleh tim PSC 119 tidak dipungut bayaran , dan bila ada oknum yang tergabung dalam unit PCS 119 yang melakukan pungutan dana, kepada masyarakat dimohon segera membuat laporan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, agar ditindak lanjuti,” ungkapnya. (Fatah)

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments
Loading...