PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

Antisipasi Bencana Alam, Pemkab Asahan Ajak Gunakan Konsep Pentahelix

0 65

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM,Asahan – Pemerintah Kabupaten Asahan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) gelar kesiapan antisipasi bencana alam tahun 2020 yang dilangsungkan di Polres Asahan, Sabtu (14/11/2020).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Bambang Hadi Suprapto mengatakan, dalam penanggulangan bencana merupakan urusan bersama, bukan hanya tugas pemerintah semata.

Menurutnya, diperlukan sinergitas Pentahelix upaya mitigasi bencana, dalam hal ini kolaborasi antara pemerintah, pihak swasta, masyarakat, akademis dan media.

- Advertisement -

Bambang menuturkan, konsep Pentahelix ini dapat mengurangi kecenderungan masyarakat untuk terlalu bergantung pada pemerintah dalam menghadapi persoalan bencana di sekitar mereka.

“Sebab itu kita harus siap melakukan kegiatan yang positif dalam mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan dampak buruk yang dapat ditimbulkan akibat bencana yang terjadi,” ujarnya.

Menurutnya, bencana tidak dapat dihindari, akan tetapi meminimalisir risiko yang timbul apabila secara bersama-sama menanggulanginya.

Bambang menuturkan, ada beberapa kegiatan mitigasi yang dapat dilakukan secara bergotong-royong, seperti membersihkan saluran air dan drainase, memangkas atau memotong pohon yang dianggap berpotensi tumbang dan menimbulkan bencana, serta memperhatikan tanggul-tanggul di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS).

Dirinya juga mengajak untuk tetap terus bersinergi melakukan tata kelola pengurangan risiko dan kesiapsiagaan dampak bencana hidrometeorologi, dengan wajib memperhatikan protokol kesehatan (prokes) dan mengurangi penularan Covid-19 maupun penyakit lainnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersinergi dengan pemerintah dalam upaya-upaya penanggulangan bencana,” papar Bambang.

Selanjutnya Bambang menyerahkan alat-alat kesiapsiagaan penanggulangan bencana kepada TNI-Polri dan instansi pemerintah terkait secara simbolis. (Fatah)

 

- Advertisement -

You might also like

- Advertisement -

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy