PATROLINEWS.COM
Memantau Anda !

- Advertisement -

AMPI Sumut Gelar Bhakti Sosial Donor Darah dan Donasi Puluhan Juta Rupiah Untuk Bencana Palu, Sigi dan Donggala

Wali Kota Medan Buka Jalan Sehat

0 553

- Advertisement -

PATROLINEWS.COM, Medan – Dewan Pimpinan Daerah Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia Provinsi Sumatera Utara (DPD AMPI Sumut) melalui Badan Pengelola Kader Fungsional (BPKF) DPD AMPI Sumut menggelar kegiatan bhakti sosial Donor Darah dan Jalan Sehat, di lapangan Merdeka Medan, Minggu (28/10/ 2018) sekira pukul 06.30 Wib.

Plh.Ketua DPD AMPI Sumut, David Luther Lubis saat didampingi Sekretarisnya Swandi Napitupulu, Minggu (28/12018) mengatakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang sudah berlangsung selama 90 tahun maka untuk meneruskan perjuangan itu dibutuhkan generasi muda sehat.

“Hari ini kita merayakan Hari Sumpah Pemuda yang sudah berlangsung selama 90 tahun dimana mulai tahun 1928. Perjuangan para pemuda itu harus kita terus. Apa yang kita buat untuk bangsa dan negara ini adalah menjadi generasi muda yang sehat jasmani dan rohani,” ungkap pimpinan DPD AMPI Sumut yang juga berprofesi sebagai dokter spesialis ini.

- Advertisement -

Untuk itu menciptakan generasi muda yang sehat, lanjut David maka DPD AMPI Sumut menggelar kegiatan bhakti sosial jalan sehat dan donor darah.

Harapannya, melalui kegiatan itu, kader AMPI Sumut dapat menjadi lebih sehat dan peduli dengan lingkungan.

“Itu lebih penting, karena kita sedih melihat generasi muda saat ini yang banyak terlibat narkoba, sehingga rekan-rekan juang AMPI Sumut berpikir untuk lebih sehat dan mengadakan kegiatan ini,” ujar putra tunggal Manahan Lubis ini.

“Jadi kegiatan ini dimotori oleh sayap AMPI Sumut yakni Badan Pengelola Kader Fungsional (BPKF). Hingga saat ini sudah terdaftar 50 orang dari kader AMPI sendiri. Namun masyarakat umum juga banyak spontan dan antusias ikut mendonor juga. Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BPKF dan hendaknya dapat dijadikan sebagai agenda AMPI Sumut dan juga dilakukan kader AMPI di Kabupaten/Kota Sumatera Utara,” tegasnya.

Disamping kegiatan bhakti sosial, lanjut David, DPD AMPI Sumut juga melakukan donasi untuk korban bencana alam yang berada di Palu, Sigi dan Donggala.

“Jadi seluruh AMPI kabupaten/kota yang berada di Sumatera Utara ini menyuarakan untuk melakukan donasi kepada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam di Palu, Sigi dan Donggala. Usai kegiatan donor darah ini, kita semua berkumpul di kantor DPD AMPI Sumut,” terang David saat diwawancarai awak media ini disela-sela kegiatan bhakti sosial.

Sementara, Ketua DPD AMPI Kota Medan , Mulia Asri Rambe SH  mengapresiasi kegiatan donor darah yang digagas oleh DPD AMPI Sumut bekerjasama dengan Pemko Medan.

“Donor darah ini sangat bagus untuk kesehatan. Tentunya beliau (ketua, red) akan melakukan program ini secara berkesinambungan dan menjadi agenda DPD AMPI Sumatera Utara. Karena pemuda ini identik dengan kejahatan, kekerasan dan hal-hal negatif, jadi melalui kegiatan ini, Ketua DPD AMPI Sumatera Utara itu berharap agar imej negatif terhadap pemuda itu tidak seperti yang dipikirkan masyarakat, sehingga AMPI Sumut dapat menjadi transformasi kepemudaan untuk lebih baik,” harap Bayek yang juga anggota DPRD Medan.

Sedangkan Ketua BPKF DPD AMPI Sumut, Robert Ginting mengatakan BPKF DPD AMPI Sumut harus ambil peran dalam pembangunan ini. Dimana BPKF yang diisi oleh para Pegawai Negeri Sipil (PNS) berperan mengibarkan semangat pemuda dalam tubuh PNS, dan program pemerintah kita selaraskan dengan program AMPI.

Senada, Panitia pelaksana Jalan Sehat dan Donor Darah, dr Nico Sitompul menjelaskan kegiatan yang digelar merupakan rangkaian kegiatan BPKF DPD AMPI Sumut menuju proses pelantikan BPKF di bulan November 2018.

“Kita buat rangkaian-rangkaian kecil untuk menyalakan apinya (pelantikan, red). Bertepatan dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda kita berpartisipasi untuk menggalakkan gaya hidup sehat sekaligus ikut mempersatukan pemuda Sumatera Utara yang tergabung dalam AMPI.

Nico berharap, kedepannya pemuda sebagai lokomotif pembangunan bangsa akan tetap menyatu dengan mengedepankan hidup yang sehat dan perilaku yang dinamis agar semua lebih baik.

Wali Kota Medan Medan Buka Jalan Sehat Sehat

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin membuka kegiatan Jalan Sehat DPD AMPI Sumut yang digelar di lapangan Merdeka,Medan, Minggu (28/10/2018).

Kegiatan itu diikuti ratusan peserta kader AMPI Sumut dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Wali Kota Medan turut serta bersama kader AMPI Sumut berjalan mengitari Lapangan Merdeka Medan, dan kemudian selanjutnya para kader AMPI langsung menuju Kantor DPD AMPI Sumut yang berada di Jalan Palang Merah simpang Jl. Ampel Medan.

Ormas Pertama Gelar Donor Darah di Lapangan Merdeka

Kegiatan bhakti sosial Donor Darah yang dilaksanakan DPD AMPI Sumut, Minggu (28/10/2018) mendapat perhatian dari kalangan masyarakat yang berolahraga dan mengikuti acara Car Free Day di seputaran Lapangan Merdeka Medan.

Salah seorang pendonor, Suryo Setiadi mengatakan mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan AMPI Sumatera Utara.

“Saya sempat heran, ada ormas melaksanakan kegiatan donor darah disini, sepertinya baru ini ada ormas melakukan kegiatan seperti ini di Lapangan Merdeka. Memang kegiatan itu bagus, kebetulan saya juga rutin melakukan donor darah, baru 1 Mei kemarin saya mendonor,” ungkap Suryo yang juga sebagai Satpol PP saat melaksanakan tugas di Lapangan Merdeka saat ditanyai awak media ini.

Sedangkan dr Emy Memory Pakpahan , M.Ked (Clin-Path), Sp.PK mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan bhakti sosial donor darah.

“Apalagi Rumah Sakit Pirngadi sangat membutuhkan 1000 kantong darah per bulan. Jadi kegiatan AMPI ini sangat bagus sekali membantu pasien-pasien kita yang membutuhkan darah. kegiatan seperti inilah yang kita harapan,” tukasnya.

Sambung Emy, selain dari AMPI, masyarakat lain juga secara sukarela turut bergabung mendaftar untuk mendonorkan darah.

“Ada sekira 60 orang yang mendonorkan darah saat ini. Ada baiknya masyarakat mendonorkan darah per tiga bulan sekali.

Alasannya, jelas Emy dikarenakan sel darah merah itu umurnya per 3 (tiga) bulan sekali. Selain itu, donor darah sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

“Sekali kami ucapkan terima kasih. Kami berharap ini bisa berkelanjutan dan kami siap untuk melayani,” ujarnya. (Fernando)

- Advertisement -

You might also like

- Advertisement -

Comments
Loading...