• Home
  • Sumut
  • Warga Pinaesaan Gelar Ibadah dan Perayaan Natal
Selasa, 5 Desember 2017 | 22:01:12

Warga Pinaesaan Gelar Ibadah dan Perayaan Natal

Anita
Kapolres Belawan AKBP Yemi Mandagi saat menyalakan lilin
"Baku Tolong, Baku Lia dan Baku Jaga"

PATROLINEWS.COM, Karo - Suasana penuh kekeluargaan terlihat dalam ibadah dan perayaan Natal kelahiran Yesus Kristus Perkumpulan Tolong Menolong Pinaesaan (PTMP) Medan sekitarnya, Sabtu (2/12/2017) yang digelar di GPdI Maranatha Jalan S. Parman No.63 Medan.

Perayaan Natal berthema "Kebersamaan Dalam Kasih Yang Menguatkan" diambil dalam kitab Ibrani 10:24-25 dan Sub Thema "Semangat kebersamaan keluarga besar PTMP dapat meningkatkan kualitas Iman sebagai landasan hidup orang percaya untuk mewujudkan Sitou Timou Tumou Tou yang artinya manusia hidup menghidupkan orang lain".

"Marilah kita saling membantu dan menjadi terang dimanapun kita berada. Tolong menolong, kasih mengasihi dan baku-baku inga, baku-baku sayang serta baku-baku tegor,"ujar Pdt. Djoni Salu, STh dalam khotbahnya.

Karena rukun atau perkumpulan ini sangat penting bagi kita yang hidup merantau sebagai wadah pemersatu untuk saling membantu.  Begitu juga, harus berlomba bertemu dengan Kristus, sehingga dikuatkan oleh Roh yang terus memelihara persatuan dan saling memberkati satu dengan yang lain.

"Keluarga Pinaesaan harus memiliki ciri khas yang berbeda, sehingga perkumpulan ini menjadi pujian bagi Tuhan. Meskipun jauh dari tempat asal, tetapi kita tetap merayakan Natal.  Mari terus memupuk persatuan dan kesatuan,"ujarnya.

Seperti lirik dari lagu yang dibawakan Theme song yaitu "Kalau torang ada di sini karena Tuhan pe bae. Nyanda ada yang kebetulan, Tuhan punya rencana. Kalau torang ada di sini, semua hanya anug'rahNya. Torang mo jadi berkat untuk sesama, untuk kota dan bangsa. Baku tolong, baku lia, baku jaga di dalam kasih Tuhan. Baku tolong, baku lia, baku jaga untuk mencapai Sitou, Timou, Tumou, Tou.   

Setelah mendengarkan firman Tuhan yang dibawakan  Pdt. Djoni Salu, STh dilanjutkan dengan menyalakan lilin natal. Ragam bahasa Minahasa dari Provinsi Sulawesi Utara yang dikumandangkan lewat puji-pujian natal mengingatkan kita akan kampung halaman. Begitu juga dengan paduan suara yang dipersembahkan Kaum Ibu, Panitia Natal dan pengurus PTMP serta anak sekolah minggu tampil memukau membawakan lagu-lagu natalnya.

Kemeriahan semakin nampak saat usai ibadah diantaranya kegiatan penyerahan diakonia kepada janda/duda dan penyerahan bingkisan kepada anak-anak, ramah tamah, makan bersama, foto keluarga dan lucky draw serta foto bersama dengan panitia natal PTMP diantaranya Pdt. Frelly Purba-Mailoor, Clief  Troy Teddi Goni dan Ibu Yana Nababan-Burger.

Tampak hadir pada perayaan natal ini, Kapolres Belawan AKBP Yemmi Mandagi, Sekretaris K3 Jimmy Lumunon dan warga Manado yang tergabung dalam PTMP.

Sekedar diketahui, Warga Perkumpulan Tolong Menolong Pinaesaan (PTMP) merupakan warga asal Manado yang sebagian besar berasal dari suku Minahasa, Sulawesi Utara yang tinggal di Medan sekitarnya. Ada sekitar 400 Kepala Keluarga yang menjadi anggota PTMP. Selama 39 tahun terus eksis melaksanakan berbagai kegiatan sosial.

Menurut Vivi Lantang (panitia natal), warga Sulawesi Utara yang tinggal di Medan, ada yang sudah lahir di Medan dan menikah dengan orang-orang Medan, demikian juga sebaliknya.  Untuk itu, keluarga Manado yang bermukim di Medan tetap membawa misi Kristus "Kitorang Samua Basudara (kita semua bersaudara). (Anita)

BERITA LAINNYA
Kamis, 14 Desember 2017 | 22:19:52
Dewan Setujui Raperda APBD Pemkab Karo TA 2018
Kamis, 14 Desember 2017 | 21:27:26
Penerima Hibah Bansos "Nyanyi" Ada Pemotongan 15 Persen
Rabu, 13 Desember 2017 | 23:47:32
Penerima Bansos Terlantar di Gubernuran Pemprovsu
Rabu, 13 Desember 2017 | 22:40:03
Babinroh Korpri Asahan Dikukuhkan
BERIKAN KOMENTAR
Top