• Home
  • Sumut
  • Bupati Karo Identifikasi Jalan Rusak di Daerah Terisolir, Targetkan Mulus Pada 2019
Minggu, 19 November 2017 | 20:00:47

Bupati Karo Identifikasi Jalan Rusak di Daerah Terisolir, Targetkan Mulus Pada 2019

Tampung Anggaran Secara Multiyears
patrolinews.com/ist
PATROLINEWS.COM, Kabanjahe - Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama sejumlah SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) mengidentifikasi langsung jalan-jalan yang "hancur" atau tidak pernah tersentuh pembangunan di daerah terisolir khususnya di Desa Laubuluh - Desa Kutamale Amburidi - Rih Tengah Ujungdeleng Negerijahe Kecamatan Kutabuluh dan  Desa Limang Perbesi  Kecamatan Tigabinanga yang kondisinya sangat rusak berat.

Bupati dalam kesempatan itu langsung mengistruksikan Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) Karo untuk berkolaborasi melakukan perbaikan jalan-jalan yang hancur, dengan merangkul anggota DPRD Karo agar mendukung pengalokasian anggarannya di APBD Karo secara multiyears (bertahap), sebab tanpa dukungan anggota dewan, sulit direalisasikan.

Hal itu ditegaskan Bupati Karo didampingi Kepala Bapeda Nasib Sianturi, Kadis Pertanian Sarjana Purba, Kepala DPMD Abel Tarigan kepada wartawan, Minggu (19/11/2017) di Kabanjahe seusai melakukan peninjauan jalan-jalan yang rusak di daerah terisolir di wilayah Kecamatan Kutabuluh dan Tigabinanga.

Pada saat melakukan peninjauan ke daerah terisolir, Bupati didampingi  Kasdim 0205/TK Mayor Inf A Sidauruk, Danramil Tiganderket Kapten Arh Erlaba Peranginangin, Kepala Bapeda Karo Nasib Sianturi, Kadis Pertanian Sarjana Purba, Kepala DPMD Abel Tarigan, Kabid Dinas PUPR Binar dan menemukan jalan yang kondisinya hancur-hancuran dan sangat tidak layak sebagai jalan desa.

"Jalan rusak itu harus segera dibangun secara bertahap, mengingat jumlah APBD kita tidak signifikan. Target kita, paling lambat pada tahun 2019 jalan-jalan di Karo harus mulus, sebab jalan pedesaan tersebut sangat vital mengangkut produksi pertanian dan sektor pariwisatanya berpotensi dikembangkan, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Kita harapkan dukungan dari  DPRD Karo dalam pengalokasian anggarannya di APBD," tegas Bupati.

Dalam menelusuri jalan rusak melalui pebukitan dengan kondisi medan begitu berat dan berlumpur, kendaraan Dinas Bupati dan romobongan kerap kandas bahkan mobil double cabin Dinas PUPR tidak mampu melewati jalan pebukitan yang terjal, sehingga terpaksa ditarik oleh Jeep Hardtop gardan dua yang sudah dipersiapkan oleh Kepala Desa Amburidi Sukendi Peranginangin, untuk mengantisipasi mobil rombongan, jika tidak mampu melewati jalan berlumpur.   

Di Desa Kutamale, Bupati sempat berhenti sejenak menerima aspirasi masyarakat yang disampaikan Kepala Desa Kutamale Ijhon Sembiring, Kepala Desa Amburidi Sukendi Peranginangin didampingi tokoh masyarakat Kutabuluh Dahsat Tarigan SH dan perwakilan masyarakat Aku Ingan Br Tarigan, Goda Br Sitepu, Mansyah Peranginangin alias Bapa Popy dengan harapan agar Bupati segera memperbaiki jalan desa mereka yang kondisinya sudah tidak layak lagi disebut sebagai jalan.

"Bertahun-tahun lamanya jalan menuju desa Kutamale, Amburidi, Rih Tengah, Ujungdeleng dan Negerijahe rusak berat, karena tidak pernah tersentuh pembangunan. Kami berharap, walaupun jalan kami tidak sekaligus diaspal, tolong diperlebar dan buat paritnya. Kalau sudah ada parit, jalan yang belum diaspal pun bagus dan nyaman dijalani," ujar Dahsat.

Menanggapi keluhan masyarakat, Bupati Karo berjanji, pada akhir  tahun ini Jalan Desa Kutamale sudah mulai diperbaiki dan pemerintah mengupayakan selama 2 tahun APBD, desa-desa terisolir  di Karo akan mulus. "Kita harapkan DPRD Karo ikut mendukung, sebab tanpa dukungan dewan dalam pengalokasian anggarannya, sulit terealisasi," katanya.(Erris)
 
Investigasi: Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kasdim 0205/TK Mayor Inf A Sidauruk, Kepala Bapeda Karo Nasib Sianturi, Kadis Pertanian Sarjana Purba, Kepala DPMD Abel Tarigan, Kabid Dinas PUPR Binar dan lainnya melakukan investigasi jalan-jalan hancur ke sejumlah desa  di Kecamatan Kutabuluh dan Tigabinanga.(Anita)


BERITA LAINNYA
Minggu, 10 Desember 2017 | 21:27:22
Bupati Karo Terima Penghargaan Kepedulian Terhadap HAM
Sabtu, 9 Desember 2017 | 22:14:52
Wali Kota Medan Apresiasi Bollywood Fair
Sabtu, 9 Desember 2017 | 22:12:17
Sembilan Ranperda Dibahas, 4 Ranperda Dikembalikan
Sabtu, 9 Desember 2017 | 22:10:21
Wali Kota Apresiasi & Jamu Kafilah
Jumat, 8 Desember 2017 | 22:14:19
Wali Kota Kukuhkan Kepengurusan FKUB Medan 2017-2022
Jumat, 8 Desember 2017 | 22:01:02
Bupati Asahan Resmikan Empat Puskesmas
BERIKAN KOMENTAR
Top