• Home
  • Sumut
  • Miris ..!! Desa Amburidi Karo Terisolir, Sejak 1996 Masih Jalan Tanah
Selasa, 14 November 2017 | 22:21:44

Miris ..!! Desa Amburidi Karo Terisolir, Sejak 1996 Masih Jalan Tanah

Patrolinews.com/Ist
JALAN TANAH - Inilah kondisi Jalan Desa Amburidi Karo yang sejak dibuka pada tahun 1996 oleh Pemkab Karo, hingga kini belum pernah tersentuh pembangunan sehingga masih tetap menggunakan jalan tanah.
PATROLINEWS.COM, Kabanjahe - Warga Desa Amburidi Kecamatan Kutabuluh Kabupaten Karo menyurati Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dan Dinas PU (Pekerjaan Umum) Karo agar segera memperbaiki jalan menuju desa mereka yang kondisinya sudah "hancur-lebur", karena sejak dibuka oleh Pemkab Karo sejak tahun 1996 belum pernah tersentuh pembangunan alias masih jalan tanah dan terisolir.

"Sepanjang 5 Km jalan yang menghubungkan Desa Kutamale ke Desa Amburidi Kecamatan Kutabuluh sejak dibangun pada tahun 1996 belum pernah dilakukan pengerasan maupun pengaspalan. Jalan tersebut masih jalan tanah. Jika musim hujan, sulit dilalui dan warga tidak bisa keluar masuk desa," ujar Kepala Desa Amburidi Sikendi Peranginangin kepada wartawan, Selasa (14/11/2017) di Desa Amburidi ketika menelusuri jalan yang hancur-hancuran tersebut.

Berkaitan dengan itu, tandas Peranginangin, masyarakat Desa Amburidi melalui perangkat desa sudah menyurati dan memohon  kepada Bupati Karo dan Kadis PU Karo tertanggal 14 Nopember 2017 dengan nomor surat No400/484/CMT-KB/2017, agar Pemkab Karo melakukan perbaikan  infrastruktur jalan  dari Desa Amburidi Kutamale menuju Kecamatan Kutabuluh.
           
Surat keluhan dan permohonan tersebut ditandatangani puluhan warga masyarakat dan telah diserahkan kepada Bupati dan Dinas PU seraya meminta Pemkab Karo  sesegera mungkin melakukan perbaikan, sebab dengan kondisi jalan yang hancur-hancuran, sangat sulit bagi warga keluar masuk desa, apalagi musim penghujan.

"Pada musim penghujan saat ini, jika ada warga menderita sakit, tidak bisa segera dibawa berobat ke Puskesmas di kecamatan atau Rumah Sakit di Kabanjahe, karena kerusakan jalan  dari Desa Amburidi menuju Kecamatan  Kutabuluh sangat parah, jeep garden dua juga tidak sanggup," ujar Peranginangin yang saat itu didampingi sejumlah warga desa.

Ketika hal ini dikonfirmasi kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana  melalui Kadis PUD Karo Paten Purba membenarkan, bahwa masyarakat  Desa Amburidi telah melayangkan surat permohonan maupun keluhan tentang kerusakan jalan  menuju desa mereka dan berharap agar Pemkab Karo segera melakukan perbaikan.

"Masalah kerusakan jalan menuju Desa Amburidi ini  segera kita bahas dengan Pak Bupati agar secepatnya bisa kita lakukan perbaikan secara bertahap, mengigat anggaran kita (APBD Karo) sangat terbatas. Tapi kita akan berusaha melakukan perbaikan secepatnya," ujar Paten Purba.

Seperti diketahui, Desa Amburidi merupakan salah satu desa terisolir di Karo dan jaraknya berkisar 60 Km dari Kota Kabanjahe. Transportasi warga desa hanya dapat dilalui dengan mobil jenis Jeep Hardtop gerdang dua. Ongkos hasil pertanian dari Amburidi ke Kecamatan Kutabuluh yang jaraknya sekitar 12 Km sebesar Rp500/Kg.(Erris)

BERITA LAINNYA
Senin, 20 November 2017 | 21:08:49
Puting Beliung Hancurkan Rumah Warga di Karo
Sabtu, 18 November 2017 | 18:42:37
Empat Pejabat Eselon II Asahan Segera Dilantik
Jumat, 17 November 2017 | 21:48:10
Desa Amburidi Karo Terisolir Kini akan Dibangun
Jumat, 17 November 2017 | 20:03:26
Banjir di Asahan Petani Rugi Miliaran Rupiah
Kamis, 16 November 2017 | 20:38:33
Wabup Karo Minta Setiap OPD Pahami Kearsipan Daerah
BERIKAN KOMENTAR
Top