• Home
  • Sumut
  • Pemprovsu akan Bentuk Tim Susun Naskah Akademik Ranperda BUMD Ketenagalistrikan
Senin, 13 November 2017 | 22:03:07

Pemprovsu akan Bentuk Tim Susun Naskah Akademik Ranperda BUMD Ketenagalistrikan

Erris
PATROLINEWS.COM, Medan - Gubsu mengatakan, Pemprovsu akan menindaklanjuti disahkannya Perda Ketenagalistrikan dengan membentuk tim menyusun naskah akademik ranperda tentang BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Ketenagalistrikan dan segera menerbitkan Pergub selambat-lambatnya 1 tahun setelah perda disahkan.

Hal jni dinyatakan Gubsu dalam nota jawabannya terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi tentang oembahasan ranperda ketenagalistrikan, pada paripurna dewan dipimpin ketua dewan H Wagirin Arman, Senin (13/11/2017) di gedung DPRD Sumut.

Selanjutnya Gubsu menyebutkan, rencana umum ketenagalistrikan daerah (RUKD) Provsu akan segera disusun dan dimasukkan dalam propemperda (program pembentukan peraturan daerah) tahun 2018. Pedoman penyusunan RUKD telah diatur dalam Permen ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) no 24 tahun 2015 tentang pedoman penyusunan rencana umum ketenagalistrikan. 

"Dalam ranpera sebaiknya dicantumkan RUKD dilaksanakan untuk jangka waktu 20 tahun dan dapat dievaluasi dan ditinjau kembali paling sedikit 2 tahun," ujarnya.

Pemprovsu juga berkomitmen tetap membantu dan mengawasi terlaksananya program prioritas nasional bidang ketenagalistrikan, misalnya untuk desa terpencil dibangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Disebutkan lagi, Pemprovsu akan meningkatkan koordinasi dengan Pemkab/Pemko yang selama ini sudah terjalin. Pemprovsu juga akan terus mengupayakan listrik di desa secara bertahap sesuai kemampuan APBD provsu.

Terkait perizinan usaha ketenagalistrikan, Gubsu mengatakan, semua berkaitan dengan perijinan termasuk perijinan dibidang ketenagalistrikan sudah ditangani Dinas Penanaman Modal dan pelayanan perijinan terpadu satu atap yang bisa diakses secara online. (Erris)
 

BERITA LAINNYA
Senin, 20 November 2017 | 21:08:49
Puting Beliung Hancurkan Rumah Warga di Karo
Sabtu, 18 November 2017 | 18:42:37
Empat Pejabat Eselon II Asahan Segera Dilantik
Jumat, 17 November 2017 | 21:48:10
Desa Amburidi Karo Terisolir Kini akan Dibangun
Jumat, 17 November 2017 | 20:03:26
Banjir di Asahan Petani Rugi Miliaran Rupiah
Kamis, 16 November 2017 | 20:38:33
Wabup Karo Minta Setiap OPD Pahami Kearsipan Daerah
BERIKAN KOMENTAR
Top