• Home
  • Sumut
  • Pemkab Karo Upacara dan Tabur Bunga di Makam Kiras Bangun (Gara Mata)
Jumat, 10 November 2017 | 19:24:34
Peringati Hari Pahlawan 2017

Pemkab Karo Upacara dan Tabur Bunga di Makam Kiras Bangun (Gara Mata)

Anita
PATROLINEWS.COM, Karo - Peringati hari Pahlawan tahun 2017, Bupati Karo dan wakilnya Cory Sebayang dan Forkopimda memilih memperingatinya di Makam Pahlawan Kiras Bangun (Gara Mata), Desa Batu Karang, Kecamatan Payung, Jumat (10/11/2017) dengan tema "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri".

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dalam pidatonya menyampaikan sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada Dunia Internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai Ras,Suku,Agama,Budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan dapat bersama-sama menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 
Seperti saat ini  kita mengenang sosok pahlawan dari daerah Tanah Karo Simalem.

"Djamin Ginting dari Desa Suka,Selamat Ginting dari Desa Kuta Bangun, Kiras Bangun (Gara Mata) dari Desa Batu Karang, dimana kita sudah bersama-sama mengadakan Acara Ziarah /Tabur bunga ke Makam Pahlawan yang sedang berlangsung saat ini," ujar Bupati.

Dikatakannya, Ketiga Resimen ini didaerah kedudukan masing-masing. Mereka dengan gigih bertempur secara frontal berhadapan dengan musuh. Pertempuran paling dekat dan paling hebat dari tahun 1949 dengan tentara Belanda, Tentara Sekutu. Sementara  korban jiwa hingga ribuan orang dari ketiga Resimen ini. Hampir sama dengan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

"Dan harus kita ketahui, Surabaya, Tanah Karo, Dairi, Aceh Tenggara  terkenal dengan pertempuran "BUMI HANGUS", maka setelah kemerdekaan. Pemerintah pusat, Presiden Soekarno menetapkan bahwa  Makam Pahlawan di Indonesia hanya dua yaitu satu di Surabaya dan satu di Kabanjahe (Tanah Karo). Oleh sebab itu patutlah kita bangga dan mengenang perjuangan mereka dari Tanah Karo yang begitu gigih dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI," jelas Terkelin Brahmana.

Untuk itu sangat diharapkan, agar kita sekalian dapat terus berjuang, bekerja, berkarya bagi masyarakat maupun bagi pahlawan. "Kita tetap berdoa agar pahlawan kita ini diberikan tempat yang sewajarnya disisi Tuhan," tutupnya.

Hadir dalam acara ziarah Makam Kiras Bangun, Kapolres Tanah Karo AKBP Rio Nababan, Kajari Karo Gloria Sinuhaji, Kasdim 0205/TK Mayor Inf A.Sidauruk, Pengadilan Negeri Kabanjahe B. Ginting Personil TNI/POLRI,  Para ASN Pemkab Karo, Camat Payung Jepta Tarigan, Muspika Kecamatan Payung, Keluarga Besar pahlawan Nasional Kiras Bangun (Gara Mata), siswa/i pramuka, tokoh masyarakat Sastra Purba, Kades Batu Karang Roin Andreas Bangun dan tokoh masyarakat Batu Karang.

Usai tabur bunga di makam pahlawan Nasional Kiras Bangun (Gara Mata) rombongan Bupati Karo menuju Jambur Desa Batukarang untuk mengikuti acara Fragmen anak-anak muda/i desa Batu karang tentang perjuangan Gara Mata dalam mengusir penjajah dari Tanah Air Indonesia.(Anita) 

BERITA LAINNYA
Senin, 20 November 2017 | 21:08:49
Puting Beliung Hancurkan Rumah Warga di Karo
Sabtu, 18 November 2017 | 18:42:37
Empat Pejabat Eselon II Asahan Segera Dilantik
Jumat, 17 November 2017 | 21:48:10
Desa Amburidi Karo Terisolir Kini akan Dibangun
Jumat, 17 November 2017 | 20:03:26
Banjir di Asahan Petani Rugi Miliaran Rupiah
Kamis, 16 November 2017 | 20:38:33
Wabup Karo Minta Setiap OPD Pahami Kearsipan Daerah
BERIKAN KOMENTAR
Top