• Home
  • Sumut
  • Plt Kadis Kominfo Asahan: Etika Komunikasi Harus Tetap Dijaga
Jumat, 20 Oktober 2017 | 19:27:55

Plt Kadis Kominfo Asahan: Etika Komunikasi Harus Tetap Dijaga

Fatah
BERITA TERKAIT:
PATROLINEWS.COM, Asahan - Sebagai makhluk sosial manusia tidak pernah lepas dari hal berkomunikasi antara sesama dalam kehidupan sehari-hari. Etika komunikasi merupakan hal paling mendasar dalam berkomnikasi. Jadi dalam berhubungan antar sesama harus tetap menjaga etika berkomunikasi, baik komunikasi secara lisan ataupun melalui media, sehingga tidak terjadi perselisihan.

Demikian disampaikan Plt. Kadis Kominfo Kabupaten Asahan melalui Kabid Media Cetak dan Elektronik Arbin Tanjung, S.E. dalam acara Pelatihan Jurnalistik Asahan Pos Tahun 2017, Kamis (19/10/2017) di Hall Hotel Bumi Asahan Kisaran.

Menurutnya, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan untuk menerapkan etika kepada lawan bicara dalam berkomunikasi tatap muka diantaranya, perhatikan ketika mulai bicara, dengan melihat keadaan lawan, ramah dan sopan dan jangan hanya bicara, tapi harus mendengarkan lawan.

Sedangkan berkomunikasi lewat media baik telepon atau tulisan, adalah memperhatikan gaya tulisan, tanda baca dan menggunakan KBI baku, pikirkan apa yang akan ditulis dan melalui telepon, atur intonasi bicara.

"Lakukan komunikasi dengan benar, dan jaga etika komunikasi, sehingga kesalahpahaman tidak akan terjadi, sebaliknya komunikasi berjalan lancar karena sama-sama saling menghargai dan dihargai," ujarnya.

Acara tersebut diikuti Sekretaris Desa, Staf kantor Camat, para Guru dan peserta didik dari SMA Negeri 3 Kisaran.

Sementara itu sebagai Nara sumber NurKarim Nehe menyampaikan bahwa jurnalis atau wartawan melakukan kegiatan jurnalistik meliputi, mencari, mendapatkan, menyimpan, mengolah data dan mempublikasikan melalui media cetak, elektronik dan atau media lain sejenisnya.

"Penulisan Berita yang dilakukan harus menggunakan dan memenuhi unsur 5W+1H, agar dapat dituangkan dalam media," tukasnya. (Fatah)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top