• Home
  • Sumut
  • Bupati & Kapolres Karo Laksanakan MoU Penanganan Dana Desa
Jumat, 20 Oktober 2017 | 19:15:14

Bupati & Kapolres Karo Laksanakan MoU Penanganan Dana Desa

Anita
PATROLINEWS.COM, Kabanjahe - Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH bersama Kapolres Tanah Karo AKBP Rio Nababan,SiK melaksanakan Nota Kesepahaman (Mou) dalam rangka Pencegahan, Pengawasan, dan Penanganan Permasalahan dana Desa, di ruang Data dan Executive Polres Tanah Karo, Jumat (20/10/2017) sekira pukul 07.30 wib.

Tampak hadir Asisten 1 Pemerintahan Drs.Suang Karo-Karo, Kepala Bappeda Nasib Sianturi M.si, Kepala BPMD Abel Tarigan, Kabag Pemum Caprilus Barus, Kabag Pemdes Eva Angelia Beru Sembiring, Kabag Humas dan Protokoler Djoko Sujarwanto.

Kegiatan itu untuk mengikuti adanya arahan dari Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo MBA serta Kapolri Drs H Tito Karnavian MA PhD sehingga jajaran Polri bersama Kepala Daerah wajib mengikuti untuk menonton Video Conferens tersebut.

Kapolres Tanah Karo AKBP Rio Nababan mengatakan kegiatan ini sangat penting bagi jajaran Polri untuk mengikuti video conferens tersebut, supaya Polri, khususnya Polres Tanah Karo dapat melaksanakan perintah Kapolri di wilayah Kab.Karo untuk membuat nota kesepahaman (Mou) bersama Bupati Karo.

Lanjut Rio, kegiatan itu sesuia dengan Regulasi UU No 2 tahun 2002 tentang tugas Polri, UU no.6 tahun 2014 tentang Desa, dan UU No.23 tahun 2014 tentang pemerintahan. 

"Regulasi inilah yang nantinya saya terapkan untuk pembuatan Mou (Memorandum Of Understanding) bersama Pemkab Karo," Sebutnya.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH sangat menyambut baik adanya nota kesepahaman mulai tingkat pusat hingga jajaran tingkat Kabupaten dapat melakukan Pencegahan,Pengawasan, dan Penanganan Permasalahan dana Desa.

"Dengan adanya hal ini tersebut akan terwujud pengelolaan Dana desa yang efektif ,Efisien , Akuntabel melalui kerjasama yang sinergis antara Kepolisian tersebut," ujar Terkelin Brahmana.

Lebih lanjut dikatakannya, gambaran ruang lingkup Nota Kesepahaman meliputi, pembinaan dan penguatan Kapasitas aparatur pemerintah daerah , desa dan masyarakat dalam pengelolaan dana desa, pemantapan dan sosialisasi regulasi terkait pengelolaan dana desa, penguatan pengawasan pengelolan dana desa.

Begitu juga fasilitas  fasilitas bantuan pengamanan dalam pengelolaan dana desa, fasilitas penanganan masalah dan Penegakan Hukum terhadap pengelolaan dana desa dan terakhir pertukaran data atau informasi dana desa, kesemuanya ini lah muncul sebagai tindak lanjut kesepakatan surat perjanjian nantinya.

"Saya buat dengan Kapolres Tanah Karo AKBP Pol Rio Nababan dalam waktu dekat ini," tutup Terkelin Brahmana. (Anita)

Keterangan gambar: Bupati Karo Terkelin Berahmana,SH dan Kapolres Karo dan lainnya ketika melakukan nonton bersama

BERITA LAINNYA
Selasa, 21 November 2017 | 23:16:46
Rapat Fokopimda Sumut, Wagubsu Ajak Perangi Narkoba
Selasa, 21 November 2017 | 22:00:31
Banjir di Kabupaten Asahan Tidak Rusak Areal Persawahan
BERIKAN KOMENTAR
Top