• Home
  • Sumut
  • Walikota Medan Ditetapkan Sebagai Tersangka ?
Rabu, 30 Agustus 2017 | 09:16:34

Walikota Medan Ditetapkan Sebagai Tersangka ?

Nando
PATROLINEWS.COM, Medan - Walikota Medan, Dzulmi Eldin resmi ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan korupsi perizinan dan gratifikasi proyek Podomoro City Deli. Penetapan status hukum mantan Kadis Pendapatan Kota Medan yang juga diselidiki lembaga anti rasuah dalam kasus sistem komputerisasi dan alih fungsi lahan Jalan Jawa/Centre Point Medan itu, atas laporan dan hasil pemeriksaan pada mantan Walikota, Rahudman Harahap.

"Benar, Walikota DE (Dzulmi Eldin) sudah (tersangka). Senin lalu," kata Ketua KPK, Agus Rahardjo saat dikonfirmasi di gedung KPK, Selasa (29/8/2019).

Namun Agus tak dapat merinci Senin tanggal berapa dalam bulan Agustus ini, Dzulmi Eldin dinaikan status hukumnya jadi tersangka.

"Nanti tanya ke Pebri (Juru Bicara KPK- Perbri Diyansyah)," tambah Agus.

Dipertegas dalam kasus apa Edlin ditetapkan sebagai tersangka, Agus menegaskan,"Podomoro (Podomoro City Deli).

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Dzulmi Eldin ternyata telah dicekal bepergian ke luar negeri. Karenanya, Eldin pun batal menunaikan ibadah haji, pertengahan Agustus 2017.

"Ya tentunya sudah dicekal," pungkas Agus.

Diwartakan sebelumnya, KPK didesak menuntaskan kasus dugaan korupsi dan suap melibatkan Dzulmi Eldin sejak menjabat Kadis Pendapatan Kota Medan hingga kini Walikota Medan priode kedua. Teranyar,kasus suap dan korupsi perizina Podomoro City Deli dan lahan Jalan Jawa, Kecamatan Medan Timur.

Dalam kasus Jalan Jawa, mantan walikota Medan Rahudman Harahap dipidana selama 10 tahun. Tak terima hanya dirinya yang 'nyangkut', Rahudman pun melaporkan keterlibatan Dzulmi Eldin dan Abdillah AK MBA di kasus Jalan Jawa itu. Eldin telah dua tahun lebih ditetapkan tersangka oleh Poldasu dan Kejatisu,sementara Dzulmi Eldin dalam penyelidikan dan penyidikan KPK hingga akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

"Senin semalam (28/8/2017)," kata Wakil ketua KPK, Basaria Panjaitan, menimpali Agus Rahardjo di tempat yang sama di gedung KPK, sesaat lalu.

Demikian informasi yang beredar di beberapa online, media sosial dan juga grup-grup whatsapp.

Pemko Medan Bantah 

Terpisah, Kabag Humas Pemko Medan, Rasyid Ridho S.STP saat dikonfirmasi kru Patrolinews.com, Rabu (30/8/2017) sekira pukul 09.30 Wib terkait beredarnya informasi tersebut mengatakan bahwa sampai pagi ini Walikota Medan masih melakukan aktivitas seperti biasanya.

"Siapa yang bilang bang, kalau belum pasti dan melihat sendiri saya juga berani memastikan. Karena memang sampai pagi ini Bapak masih tetap ada jadwal dan tetap melakukan semua aktivitasnya. Dan tadi malam juga masih melaksanakan kegiatannya sampai 22.30 malam," ujar Ridho.

Saat dipertanyakan kembali kebenaran informasi itu, Ridho juga menyesalkan terkait beredarnya informasi yang dapat meresahkan masyarakat itu.

"Informasi itu bisa menyesatkan dan meresahkan masyarakat dan kita akan kordinasi dulu sama Dinas Infokom Medan untuk memberikan klarifikasi terkait masalah itu," tukas Ridho.

Sementara, Juru bicara KPK, Febri Diansyah, SH juga mengatakan belum dapat memastikan informasi yang beredar itu.

"Belum dapat kami konfirmasi," ujar Febri Diansyah singkat saat dikonfirmasi awak media ini melalui pesan whatsappnya, Rabu (30/8/2017) sekira pukul 08.53 Wib. (Nando)

BERITA LAINNYA
Rabu, 13 Desember 2017 | 23:47:32
Penerima Bansos Terlantar di Gubernuran Pemprovsu
Rabu, 13 Desember 2017 | 22:40:03
Babinroh Korpri Asahan Dikukuhkan
Rabu, 13 Desember 2017 | 22:32:14
Dinas Kopdag Asahan Gelar Operasi Pasar
Rabu, 13 Desember 2017 | 22:18:03
Pemkab Asahan Gelar Peringatan Harganas
Selasa, 12 Desember 2017 | 20:30:59
Wali Kota Medan Terima Penghargaan dari Panglima TNI
BERIKAN KOMENTAR
Top