Iklan bank sumut
  • Home
  • Sumut
  • Tanggul Bendungan Sungai Aliran Lahar Dingin Sinabung Jebol
Jumat, 11 Agustus 2017 | 21:02:00

Tanggul Bendungan Sungai Aliran Lahar Dingin Sinabung Jebol

Anita
BERITA TERKAIT:
PATROLINEWS.COM, Karo - Tanggul bendungan danau buatan Lau Bingo di lereng Sinabung yang berada di Desa Gamber Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, Jumat (11/8/2017) sekira pukul 10.00 Wib jebol. Sehingga aliran air di sungai bercampur lumpur serta material lahar dingin tampak mengairi Sungai Lau Borus Kite Kambing Desa Perbaji Kecamatan Tiganderket.

Melihat derasnya air tersebut,warga  yang sedang melakukan aktivitas di pinggiran sungai lau borus tersebut sempat menghindar untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sama sekali.
       
Sesaat datangnya air bercampur lumpur tersebut warga sempat curiga, apalagi  di lereng Sinabung tidak ada hujan sama sekali. Namun tak berapa lama kemudian ada pemberitahuan dari relawan Beidar Sinabung, bahwa tanggul danau buatan Lau Bingo Desa Gamber jebol dan dimintakan kepada warga agar menghindar .
         
Hal tersebut dikatakan Teger Peranginangin (32) salah satu warga Desa Tiganderket kepada wartawan di sekitar jembatan titi Kambing Desa Perbaji, bahwa warga sempat curiga melihat derasnya air sungai lau borus bercampur lumpur.
 
"Padahal dilereng Sinabung tidak ada hujan sama sekali, setelah itu relawan Sinabung mengatakan kalau tanggul danau buatan jebol" ujarnya.

Disambungnya lagi, saat air melintas begitu deras, warga sempat menghindar dan takut terjadi sesuatu. Danau buatan yang sering disebut danau Lino di bawah Desa Simacem sempat jebol itu sangat mengerikan dan warga harus waspada termasuk warga Desa Jandi Meriah Kecamatan Tiganderket ,karena arus sungai lau borus melintasi di tengah desa.

Sementara, Pelin Sembiring Depari salah satu relawan Sinabung ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan bahwa tanggul danau buatan itu jebol dan diminta kepada warga agar menjauh dari aliran sungai lau borus "sekira tiga meter airnya sudah berkurang," ujarnya (Anita)

Keterangan gambar: Tanggul  danau buatan jebol sehingga airnya mengarah ke lau borus
 

BERITA LAINNYA
Jumat, 20 Oktober 2017 | 20:57:38
Gubsu Tengku Erry Bertemu Empat GM PLN Sumut
Kamis, 19 Oktober 2017 | 23:40:19
Wali Kota Medan Apresiasi Gebyar Suroan Budaya Jawa
BERIKAN KOMENTAR
Top