• Home
  • Sumut
  • Keluarga Harus Tanamkan Budaya Membaca
Kamis, 10 Agustus 2017 | 23:26:35

Keluarga Harus Tanamkan Budaya Membaca

Fatah
Ka UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sei Kepayang Khairul Anwar SPd
BERITA TERKAIT:
PATROLINEWS.COM, Asahan - Budaya membaca di Indonesia masih tergolong sangat kurang terutama bagi masyarakat zaman modern saat ini. Upaya membudayakan membaca harus dimulai dari lingkup terdekat yaitu keluarga. Untuk meningkatkan minat baca, akan lebih bagus dibiasakan sedini mungkin.

"Menumbuhkan minat baca semestinya memang dimulai di dalam keluarga. Sejak dini, anak-anak harus sudah mulai dibiasakan mendengarkan cerita dan juga membaca cerita," ungkap Ka UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sei Kepayang Khairul Anwar SPd kepada Patrolinews.com, Kamis (10/8/2017).

Lanjutnya lagi, bahwa satuan pendidikan juga merupakan salah satu elemen selain keluarga yang dapat dibilang sangat strategis dalam upaya memupuk kebiasaan gemar membaca. Caranya, dengan penugasan-penugasan membaca.

"Kita lihat negara-negara maju yang memiliki program wajib membaca mulai dari anak-anak SD,  program tersebut harusnya menjadi contoh untuk kita semua," tukasnya.

Dalam hal ini satuan pendidikan sendiri menurut Khairul memiliki tugas memfasilitasi agar siswa mau membiasakan diri membaca, yakni dimana berupaya memberikan stimulan dengan mengembangkan perpustakaan disekolah dan mengupayakan bantuan buku ke perpustakaan, agar siswa yang ingin membaca datang ke perpustakaan.

Khairul juga mengharapkan kepada orang tua siswa jangan hanya mengharapkan semua buku bacaan yang ada dari sekolah tapi harus berani berkorban membeli buku bacaan untuk kebutuhan anaknya di sekolah, serta buku bacaan yang memiliki ilmu pengetahuan umum.

"Dan yang tak kalah pentingya mengharuskan anaknya sesering mungkin membaca dirumah," ujarnya. (Fatah)

BERITA LAINNYA
Selasa, 16 Januari 2018 | 23:20:59
Oknum Satpol PP Asahan Diduga Lecehkan Profesi Wartawan
Senin, 15 Januari 2018 | 23:54:24
Gubsu Tengku Erry Bersyukur Miliki Ibu Yang Bertuah
Senin, 15 Januari 2018 | 23:39:25
Pemprovsu dan DPRDSU Bahas Ranperda Pendidikan
Kamis, 11 Januari 2018 | 22:46:45
Wagub Resmikan Huntara Pengungsi Sinabung
BERIKAN KOMENTAR
Top