Iklan bank sumut
  • Home
  • Sumut
  • Safari Ramadhan, Sekda Hasban : Hutang Pemprovsu Tahun Ini Lunas, Pemprovsu Ubah Pola Pembayaran DBH
Kamis, 15 Juni 2017 | 23:00:53

Safari Ramadhan, Sekda Hasban : Hutang Pemprovsu Tahun Ini Lunas, Pemprovsu Ubah Pola Pembayaran DBH

Erris
PATROLINEWS.COM, Labusel - Belajar dari pengalaman persoalan kekurangan bayar Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak , Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengeluarkan kebijakan baru dalam hal cara pembayaran Dana Bagi Hasil Pajak ke Pemerintah kabupaten/kota dari yang sebelumnya per tiga bulan menjadi per bulan.

Hal itu disampaikan Sekda Provsu H Hasban Ritonga,SH saat pada kegiatan Safarai Ramdhan bertempat di Rumah Dinas Bupati Labuhan Batu Selatan, Kamis (15/06).

"Kalau dulu bagi hasil pajak dibayarkan per tiga bulan, sekarang peraturan gubernur sudah dikeluarkan dimana Bagi Hasil Pajak akan dibayarkan dan ditransfer setiap bulan. Jadi tidak lagi menunggu tiga bulan ," jelas Hasban.

Hal tersebut menurut Hasban dalam rangka menghindari terjadinya kekurangan bayar Bagi Hasil Pajak kepada Kabupaten/kota sebagaimana terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Hasban menjelaskan tidak kurang dari Rp 2,3 triliun kekurangan dana bagi hasil pajak dan Bantuan daerah bawahan Pemorovsu ke kabupaten/kota yang dicicil salama tiga tahun.  

Pemprovsu menurutnya harus melunasi kurang bayar karena anggaran bagi hasil pajak tertunda pembayarannya akibat kesalahan penganggaran karena pembangkakan bantuan bantuan daerah bawahan ke kabupaten/kota.

"Alhamdulillah pada tahun 2017 ini semua hutang atau kurang bayar itu seluruhnya akan terlunasi sehingga tahun depan, Pemprovsu tidak lagi berhutang, "kata Hasban.

Dijelaskannya APBD Sumut di tahun berjalan ini sudah menyentuh Rp 13 triliun, walaupun selama tiga tahun terikat kewajiban membayar hutang. "Selangkah demi selangkah kami bisa naikkan APBD sehingga bisa naik tahap demi tahap," kata Hasban.
Menjawab permintaan yang disampaikan Bupati Labauhan Batu Selatan H wildan Aswan Tanjung untuk dukungan penganggaran dari Pemerintah Provinsi, Hasban mengakui jumlah bantuan daerah bawahan jauh berkurang.
 
Labusel , jelas Hasban, tahun ini mendapat bantuan APBD Sumut untuk pembangunan senialai Rp 3,2 M. Sedangkan dana APBN untuk pembanggunan jalan nasional sudah ditampung sebesar Rp 9,4 M. 

"Tapi kami sudah berkomitmen, karena hutang sudah lunas, di 2018 bisa meningkatkan bantuan daerah bawahan kepada kabupaten/kota," kata Hasban.

Sebelumnya, Bupati  H Wildan Aswan Tanjung menyampaikan pemintaan dukungan Pemerintah Provinsi dalam pembangunan di labuhan Batu Selatan. Selain itu Wildan juga meminta dukungan untuk pemekaran wilayah terdiri dari lima kecamatan,  52 desa, 2 kelurahan.

Harapan bupati dua periode ini proses pemekaran pemekaran desa dan kelurahan yang sedang berproses mendapat dukungan Pemprovsu. 

"Kami harapan Sekda bisa memberikan atensi terhadap Labuhan Batu Selatan dari  5 kecamatan menjadi 7, 52  desa menjadi 72 desa," ujarnya.
 
Wilayah Labusel 72 persen diantaranya adalah perkebunan dimana yang paling luas adalah milik PTPN III yang juga terluas di Sumut.
 
Safari Ramadhan Pemprovsu di LAbuhan Batu Selatan dilaksanaan bersamaan dengan Safari Ramadhan Korem  022 Pantai Timur dan Nuzulul Quran 1438 H Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Hadir dalam kesempatan itu seratusan anak yatim/piatu, para ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda  dan unsur FKPD Labusel, Komandan  Korem 022 Pantai Timur Kol Inf Gabriel Lema S.Sos, Bupati H Wildan Aswan Tanjung, SH, MM, Wakil Bupati Drs Kholil Jufri, Ketua DPRD Labusel H Jabaluddin S.Sos, Kapolres  LAbusel AKBP Frido Situmorang, Kajari Joko Wibisono, Dandim 0229 Letkol Deden Sumarlin.

Turut hadir mendapingi Sekda Provsu Asisten Staf Ahli Amran Utheh, Asisten Pemerintahan dan Hukum Jumsadi Damanik, Asisten  Ekbang Ibnu Hutomo, Kepala Dinas Sosial Rajali S.Sos, Kepala Dinas Perpustakaan Ferlin Nainggolan, Plt Kadis Mineral dan Energi Subaidi, Kepala Biro (karo) Peerintahan Umum Afifi Lubis, Karo Binsos  Muhammad Yusuf, Kadis Kehutanan Provsu Ir Halen Purba dan Karo Otonomi Daerah dan Kerjasama Basyarin Tanjung.
 
Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran dan diakhiri dengan tausiah Ust Prof Basaruddin, MA serta sholat Isa dan tarawih berjamaah.

BERITA LAINNYA
Jumat, 20 Oktober 2017 | 20:57:38
Gubsu Tengku Erry Bertemu Empat GM PLN Sumut
Kamis, 19 Oktober 2017 | 23:40:19
Wali Kota Medan Apresiasi Gebyar Suroan Budaya Jawa
BERIKAN KOMENTAR
Top