Iklan bank sumut
  • Home
  • Sumut
  • Ruas Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi Siap Dilalui Untuk Mudik
Jumat, 2 Juni 2017 | 17:30:19

Ruas Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi Siap Dilalui Untuk Mudik

Kondisi aktual Jalan Tol Trans Sumatera ruas Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi. (Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)
PATROLINEWS.COM, Medan - Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara, Abdul Haris Lubis mengatakan, ruas tol Medan-Tebing Tinggi bisa dilalui untuk mudik Lebaran 2017. Meski sudah bisa diakui, namun jalan tol tersebut belum sepenuhnya dioperasikan.

"Artinya para pemudik yang melalui jalan tersebut belum dikenakan tarif masuk. Sebab jalan tol tersebut masih dilakukan uji coba,"kata Abdul Haris kepada wartawan dalam keterangan persnya kepada wartawan di Medan, kemarin, menyikapi persiapan menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2017.

Meski demikian, lanjut Abdul Haris, ruas tol Medan -Tebing Tinggi tersebut belum sepenuhnya selesai pengerjaan. 

"Pengerjaannya baru sampai kawasan Kampung Pon, Seiring Rampah Kabupaten Serdang Bedagai," katanya.

Untuk itu, Abdul Haris meyakini di areal Kampung Pon tersebut nantinya akan terjadi penumpukan arus mudik. 

"Sudah pasti terjadi penumpukan nantinya jika pemudik umumnya menggunakan ruas tol tersebut. Namun kita nantinya akan siasati agar hal tersebut tidak menjadi persoalan besar," ujarnya. 

Lebihlanjut Abdul Haris menjelaskan, dengan dibukanya tol tersebut maka kendaraan akan terhindar beberapa titik kemacetan di jalan nasional. Seperti di Lubuk Pakam, Perbaungan dan Pasar Bengkel. 

"Pada hari biasa, perjalanan dari Medan-Kualanamu dengan jarak sekitar 75 Km ditempuh dalam waktu 3 jam. Diharapkan dengan selesainya tol, akan mempercepat waktu tempuh menjadi 1 jam," katanya.

Dijelaskan, jalan Tol Medan-Tebing Tinggi sendiri membentang sepanjang 61,72 Km dan terbagi menjadi tujuh seksi. Dari total panjang jalan tersebut, Seksi 1 sampai Seksi 6 sepanjang 52,85 Km dari Tanjung Morawa hingga Sei Rampah ditargetkan selesai akhir 2017. 

Sementara Seksi 7 Sei Rampah - Tebing Tinggi akan selesai April 2018 karena masih terkendala pengadaan lahan yang melewati kawasan permukiman. Secara keseluruhan progres ruas tol ini sudah 75%. Lebihlanjut dijelaskan, pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi menggunakan alokasi dana APBN dan investasi Badan Usaha Jalan Tol ( BUJT), PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT). (Erris)

BERITA LAINNYA
Jumat, 20 Oktober 2017 | 20:57:38
Gubsu Tengku Erry Bertemu Empat GM PLN Sumut
Kamis, 19 Oktober 2017 | 23:40:19
Wali Kota Medan Apresiasi Gebyar Suroan Budaya Jawa
BERIKAN KOMENTAR
Top