• Home
  • Sumut
  • Pra Musrenbang 2017, Tahun 2018 Kawasan Dataran Tinggi Fokus Dukung KSN Danau Toba
Rabu, 22 Maret 2017 | 23:11:55

Pra Musrenbang 2017, Tahun 2018 Kawasan Dataran Tinggi Fokus Dukung KSN Danau Toba

Erris
PATROLINEWS.COM, Parapat - Rencana kerja pembangunan Kabuppaten/kota di kawasan dataran tinggi Sumatera Utara pada tahun 2018 akan dititikberatkan pada pengembangan sektor pariwisata. Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi meminta sembilan pemerintah kabupaten/kota di kawasan dataran tinggi mendukung program prioritas nasional Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Nasional (KSN).

Hal itu ditekankan Gubsu Erry saat membuka kegiatan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumut tahun 2017 di Hotel Ina Parapat, Rabu (22/3/2017). Pembahasan rencana kerja pembangunan tersebut khusus untuk wilayah dataran tinggi yaitu Kota Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, Pakpak Bharat, Dairi, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Karo dan Kabupaten Toba Samosir.

Hadir dalam acara tersebut Bupati/walikota kawasan Dataran Tinggi, pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sumut dan Kabupaten/kota, para  Kepala Bappeda dan staf ahli, asisten dan Kepala SKPD lingkup Pemprovsu. Dalam kegiatan yang dilaksanakan untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan di daerah tersebut Gubsu menekankan agar kawasan dataran tinggi memprioritaskan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana transportasi mendukung KSN Danau
Toba.

Dia merinci pembanguan infrastruktur yang membutuhkan dukungan Pemkab/Pemko dintaranya pembangunan jalan tol Tebingtinggi-PematangSiantar-Parapat-Tarutung-Sibolga. Dikatakan Gubsu daerah perlu mendukung terutama dalam proses pembebasan lahan yang akan dilaksanakan persiapannya untuk pada seksi 1 Tebingtinggi –Pematang Siantar.

Selain itu, dukungan juga dibutuhkan dalam proyek pemantapan  jalan lingkar Pulau Samosir, meningkatkan akses jalan lingkar luar Danau Toba dan jalan-jalan akses antar kabupaten.  Dukungan lain adalah untuk menjadikan Bandara Sibisa dan Silangit sebagai simpul transportasi udara dan dapat menjadi simpul utama kawasan serta pembangunan pelabuhan penyeberangan berstandar internasional.

Infrastruktur dasar lainnya yang perlu dibangun di KSN Danau Toba adalah air bersih, sanitasi (pengolahan air limbah dan persampahan), listrik, telekomunikasi dan lainnya. Penyedian infrastruktur dasar tersebut  diprioritaskan di pusat-pusat kegiatan utama di Sidikalang, Pangururan, Doloksanggul, Tarutung, Balige, Parapat dan Merek. 

Pemerintah juga membutuhkan dukungan Pemkab/Pemko di kawasan dataran tinggi untuk penyiapan daya tarik wisata dengan segala fasilits pendukungnya. Termasuk mempersiapkan SDM pelaku bisnis pariwisata. "Semua kegiatan tersebut agar dilakukan dalam kerangka menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan khususnya di KSN Danau Toba dan umumnya di kawasan dataran tinnggi," ujar Gubsu. 

Selain itu, Gubsu juga meminta dukungan dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Seimangkei di Kabupaten Simalungun. "Terutama dalam pembebasan lahan untuk pembangunan sarana dan prasarana transportasi dan infrastruktur pendukung lainnya," harap Gubsu.

Gubsu mengatakan, sebagai wilayah strategis yang diprioritaskan secara nasional, Kabupaten/kota di dataran tinggi agar memaksimalkan momentum untuk meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat secara inklusif dan berkelanjutan.

Dalam kesempatan itu Kepala Bappeda Sumut Irman menjelaskan Pra Musrenbang 2017 merupakan tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2018. 

"Saat ini momentum perubahan dalam penyusunan dokumen perencanaan dengan dimulainya implementasi aplikasi system perencanaan pembangunan terintegrasi berbasis elektreonik yang disebut e-Sumut Provsu. Elektronik Sistem usulan Musrenbang terintegrasi Provinsi Sumatera ini merupakan konversi perencanaan konvensional ke metode berbasis elektronik.(Erris)

BERITA LAINNYA
Selasa, 21 November 2017 | 23:16:46
Rapat Fokopimda Sumut, Wagubsu Ajak Perangi Narkoba
Selasa, 21 November 2017 | 22:00:31
Banjir di Kabupaten Asahan Tidak Rusak Areal Persawahan
Selasa, 21 November 2017 | 21:58:40
Bupati Asahan Lepas Kafilah Ikuti MTQ ke XXXVI Provsu
Senin, 20 November 2017 | 21:08:49
Puting Beliung Hancurkan Rumah Warga di Karo
BERIKAN KOMENTAR
Top