• Home
  • Sumut
  • Gubsu dan KPK Peringati Hari Air Sedunia dan Edukasi Anti Korupsi di Danau Toba
Rabu, 22 Maret 2017 | 22:22:07

Gubsu dan KPK Peringati Hari Air Sedunia dan Edukasi Anti Korupsi di Danau Toba

Erris
PATROLINEWS.COM, Samosir - Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Saut Situmorang memperingati Hari Air se Dunia sekaligus menggelar sosialisasi Edukasi Anti Korupsi sejak dini di Samosir, Sumatera Utara, Rabu (22/3/2017).

Dihadapan anak-anak Desa Pardamuan Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi juga sempat membacakan puisi. 

Dalam kegiatan yang digagas Sopo Belajar Lontung tersebut diisi dengan kegiatan baca puisi dan penampilan kesenian oleh anak-anak Desa Pardamuan binaan Sopo Belajar Lontung. Kegiatan dalam rangka peringatah hari air se dunia ini bekerjasama dengan KPK RI sekaligus untuk edukasi anti korupsi sejak dini. Dalam kesempatan itu, Gubsu juga memberikan motivasi kepada anak-anak agar rajin belajar serta menjaga kejujuran dan integritas. 

"Karena kalian adalah calon pemimpin masa depan, generasi penerus yang akan menjadi pemimpin pada 100 tahun Indonesia Merdeka pada tahun 2045 mendatang," ujar Gubernur. Gubsu mengapresiasi pimpinan Sopo Belajar Lontung Togu Situmorang yang dengan cerdas menggandeng KPK dalam peringatan World Water Day tersebut. 

"Kita berkumpul dengan para bupati se Kawasan Danau Toba dalam rangka peringatan hari air sedunia yang dirangkaikan edukasianti korupsi dalam kegiatan yang unik dan di suasana pedesaan di Danau Toba," ujar Gubsu.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang, Anggota DPRD SU Zahir MAP, Bupati Samosir, Humbang Hasundutan, Tobasa, Simalungun dan Bupati Karo serta Walikota Siantar.

Uniknya dalam kegiatan itu Bupati yang hadir bertindak sebagai parhobas atau pelayan yang ikut melayani masyarakat pada acara makan bersama. Gubernur beserta Wakil Ketua KPK dan para Bupati se kawasan Danau Toba yang hadir duduk lesehan di bawah tenda bersama anak-anak.

"Di sini para bupati menjadi parhobas dan ini maknanya bahwa pemimpin harus menjadi pelayan yang baik bagi masyarakat yang nantinya jugaditerapkan dalam penyedian pelayanan yang baik dan berkualitas kepadamasyarakat baik itu untuk perizinan maupun pelayanan dasar lainnya," jelas Erry.

Sementara itu Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan KPK menganggap penting membangun integritas secara bekerlanjutan  yang harus dimulai dari sejak dini. 

"Sehingga ketika mulai karir darisejak dini sampai pension dia tetap jujur. Sangat penting membangun integritas mulai dari pendidikan awal, karenanya kami banyak bertemu dengan anak kecil agar mereka berani jujur sejak kecil," ujar Saut Situmorang . 

Menurutnya tujuan bangsa yang utama adalah membangun dayasaing yang salah satunya adalah dinilai dari keunggulan intergritas SDMnya. 

KPK menurutnya ikut membangun integritas SDM yang dilakukan dengan berbagai hal kecil termasuk diantaranya kegiatan di Samosir tersebutjuga melalui kampanye lewat media film. 

"Ini tugas berat, untuk itu kita membangun dari hal -hal kecil melalui berbagai kegiatan, film dan melibatkan Pemda, NGO dan masyarakat," kata Saut.(Erris)

BERITA LAINNYA
Selasa, 21 November 2017 | 23:16:46
Rapat Fokopimda Sumut, Wagubsu Ajak Perangi Narkoba
Selasa, 21 November 2017 | 22:00:31
Banjir di Kabupaten Asahan Tidak Rusak Areal Persawahan
Selasa, 21 November 2017 | 21:58:40
Bupati Asahan Lepas Kafilah Ikuti MTQ ke XXXVI Provsu
Senin, 20 November 2017 | 21:08:49
Puting Beliung Hancurkan Rumah Warga di Karo
BERIKAN KOMENTAR
Top