• Home
  • Sumut
  • Jalan Provinsi GunungSitoli-Nias Barat Rusak Parah
Selasa, 21 Maret 2017 | 21:58:27

Jalan Provinsi GunungSitoli-Nias Barat Rusak Parah

Marinus Lase
PATROLINEWS.COM, Nias Barat - Jalan Provinsi yang menghubungkan Gunungsitoli-Nias-Nias Barat tampak rusak parah dan luput dari perhatian pemerintah Sumatera Utara. Kerusakan itu membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu. Tak jarang kecelakaan pun sering terjadi.
 
Pantauan wartawan juga dilapangan bahwa sejumlah titik jalan tersebut rusak berat ditutupi oleh kubangan air bahkan rusak total dan tidak bisa dilewati sehingga kendaraan yang lewat mencari jalan alternative misalnya di Aramba kecamatan Mandehe, kendaraan terpaksa keliling lewat Siana'a Ulumoro'o.
 
Masyarakat Nias Barat berharap pemerintah tahun ini segera melakukan perbaikan jalan tersebut agar distribusi perekonomian  di daerah mereka tidak terganggu.
 
Emanuel Hia warga Desa Bawozamaiwo Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat kepada wartawan, Selasa (21/3/2017) mengatakan Jalan Provinsi yang menghubungkan Gunungsitoli-Nias-Nias Barat pernah dilakukan perbaikan tepatnya tahun 2008 lalu melalui program BRR NAD-Nias pasca gempa bumi tahun 2005 dari Gunugsitoli-Sirombu (Nias Barat) secara total menggunakan aspal beton (hotmix) namun hanya dalam hitungan bulan jalan tersebut kembali rusak, diduga hanya asal dikerjakan saja ditambah kondisi tanah yang labil.
 
Dinas PU Bina Marga dalam hal ini kepala UPT Nias, F. Zalukhu melalui salah seorang stafnya Temazisokhi Telaumbanua yang ditemui wartawan Selasa (21/03/2017) saat dikonfirmasi terkait kondisi jalan provinsi yang menghubungkan Gunungsitoli - Nias - Nias Barat itu mengatakan bahwa jalan tersebut sedang dalam perencanaan dan dipastikan tahun 2017 ini ada beberapa paket proyek yang akan dikerjakan namun belum bisa memastikan dimana titik proyek tersebut dikerjakan akan tetapi menunggu petunjuk dari Dinas PU Bina Marga Provinsi.
 
Dijelaskanya, pengerjaan kerusakan jalan tersebut tidak bisa sekaligus mengingat anggaran yang sangat terbatas dan UPT Dinas Bina Marga Nias membawahi 5 Kabupaten/Kota di Kepulauan Nias yang rata-rata mendapatkan anggaran setiap tahun sekitar 10 milyar. Tutur Temazisokhi.
 
Lebih jauh Temazisokhi Telaumbanua menjelaskan bahwa posisi saat ini biaya pengerjaan jalan hotmix berkisar 1 Km/2 Milyar, bayangkan jalan menuju Nias Barat 65 Km belum lagi diwilayaah lainnya, namun pihaknya terus berupaya memperbaiki jalan provinsi sebagus mungkin dan permanen yang tentunya untuk mencapai itu semua  membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.
 
Ditambahkannya, guna mengantisipasi jalan yang rusak selama ini UPTD melakukan penimbunan terhadap badan jalan yang rusak.
 
Sementara, salah seorang tokoh Pemuda Nias Barat Efik RN Gulo yang juga Ketua Posko Perjuangan Rakyat (POSPERA) Kabupaten Nias Barat berharap pemerintah yang dalam hal ini Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dapat memberi perhatian serius terhadap pembangunan Jalan Provinsi yang menghubungkan Nias Barat dengan Kabupaten Nias dan Kota Gunungsitoli karna hal ini sangat mempengaruhi perkembangan ekonomi masyarakat. (Marinus)

BERITA LAINNYA
Senin, 15 Januari 2018 | 23:54:24
Gubsu Tengku Erry Bersyukur Miliki Ibu Yang Bertuah
Senin, 15 Januari 2018 | 23:39:25
Pemprovsu dan DPRDSU Bahas Ranperda Pendidikan
Kamis, 11 Januari 2018 | 22:46:45
Wagub Resmikan Huntara Pengungsi Sinabung
BERIKAN KOMENTAR
Top