• Home
  • Sumut
  • PT Sumatera Sylva Lestari Serahkan Fee dan Modal Kerja
Minggu, 19 Juni 2016 | 14:27:35

PT Sumatera Sylva Lestari Serahkan Fee dan Modal Kerja

Syamsuddin Sianturi
BERITA TERKAIT:
PATROLINEWS.COM, Palas - PT Sumatera Sylva Lestari (SSL) Padang Lawas meyerahkan fee tanaman kehidupan dan modal kerja Rp 500 jt per koperasi. Hal itu sesuai dengan dalam Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor, P.39/Menhut-ll/2013 tentang pemberdayaan masyarakat setempat melalui kemitraan kehutanan ini, pada Bab 1. Yang tertuang di dalam nya.

Pemberdayaan masyarakat setempat melalui Kemitraan Kehutanan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian 
masyarakat setempat untuk mendapatkan manfaat sumber daya hutan secara optimal dan adil melalui Kemitraan Kehutanan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Lewat Menejer PT Sumatera Sylvia Lestari (SSL), Monang Simatupang saat di konfirmasi di rumah dinas Bupati TSO, Sabtu (18/6/16) mengatakan menindak lanjuti Surat keputusan Kepala Dinas Kehutanan Provsu nomor, 522.21/1201 tentang pengesahan rencana kerja tahunan usaha pemanfaatan hasil hutan kayu hutan tanaman industrti (RKT UPHHK HTI) dan perusahaan.

"Ya menindaklanjuti SK Kadis Kehutanan Provsu maka kita sudah menyerahkan fee tanaman kehidupan kepada masyarakat disekitar areal konsensinya," ujarnya.

Penyerahan fee tanaman tersebut melalui kerjasama Koperasi Satahi Lima Desa. Penyerahan itu juga merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tanaman kehidupan, antara masyarakat Desa Unte Rudang melalui Koperasi Satahi Lima Desa dengan PT SSL belum lama ini. Penyerahan itu berlangsung di hadapan Notaris H Ri yanto, SH MKn di Pekanbaru, Kamis (2/6/2016) yang lalu.

Realisasi tanaman kehidupan ini merupakan langkah sesuai perturan diatas, perusahaan dalam memenuhi kewajiban sesuai dengan regulasi yang ada.

Selain Desa Unterudang penyerahan realisasi tanaman kehidupan kata Monang,  juga telah melakukan penyerahan fee tanaman kehidupan untuk beberapa desa lainnya di Ke­camatan Lubuk Barumun Kabupaten Padanglawas.

"Diserahkan melalui koperasi Ja Bulung Botik dan koperasi konsumen Desa Sepakat yakni Desa Batang Bulu Tanggal, Parsombaan, Pasar Latong, Siali Ali, Batang Bulu Jae, Surodingin, Janji Lobi Lima, Sangkilon, Huta Lombang, Pagaran Mompang, dan Sihiuk dan tahun-tahun sebelumnya pun kita tetap membantu masyarakat sekitar areal kerja bahkan masyarakat Kab Padang Lawas," tandas Monang. (Syamsuddin)

BERITA LAINNYA
Selasa, 21 November 2017 | 23:16:46
Rapat Fokopimda Sumut, Wagubsu Ajak Perangi Narkoba
Selasa, 21 November 2017 | 22:00:31
Banjir di Kabupaten Asahan Tidak Rusak Areal Persawahan
BERIKAN KOMENTAR
Top