• Home
  • Sultra
  • Pemda Wakatobi Izinkan PT TKM Beroperasi Tanpa Izin, Ketua DPRD : Masa Kerja Duluan Belum Ada Izin
Rabu, 16 Agustus 2017 | 23:55:22
Disoal Dugaan PT TKM Dirikan Asphalt Mixing Plant

Pemda Wakatobi Izinkan PT TKM Beroperasi Tanpa Izin, Ketua DPRD : Masa Kerja Duluan Belum Ada Izin

Sahwan
PATROLINEWS.COM, Wakatobi - Disoal PT. Tegar Kawini Mandiri (TKM) yang beroperasi dikawasan landasan pacu Bandara Matahora dan juga tidak memiliki izin pembuatan Asphalt Mixing Plant (AMP) menuai sorotan dari kalangan masyarakat dan DPRD Wakatobi.

Ketua DPD Wakatobi Lembaga Hak Asasi Manusia Internasional, Ali Munir mengatakan agar Pemerintah Daerah Wakatobi, Sulawesi Tenggara segera menertibkan perusahaan yang tidak memiliki kelengkapan izin operasi lainnya.

"Baru di Wakatobi saya lihat bangunan didirikan di depan landasan. Pemerintah daerah harus mengambil langkah tegas untuk menutup semua perusahaan yang tak memiliki izin lengkap," ujar Ali Munir belum lama ini

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wakatobi, Moh. Ilyas Abibu saat dikonfirmasi oleh Kru Media ini, membenarkan eksploitasi yang dilakukan oleh PT. TKM tanpa surat izin sesuai hasil musyawarah atau kajian daerah yang dilakukan Pemda.

"Yang jelas semua itu kan berdasarkan kajian lingkungan. Tidak mungkin ada aktivitas disitu tanpa ada kajian lingkungan, apalagi itu sebagai proyek APBN," katanya kepada kru Patrolinews.com saat di depan gedung DPRD Wakatobi, Rabu (16/8/2017).

Ilyas mengatakan dirinya tidak mempermasalahkan PT asal Surabaya yang belum mengantongi Izin pendirian AMP dan malah pihaknya memperbolehkan aktivitas tersebut. 

"Iya sambil menunggu izin kan sambil membangun. Pekerjaan itu harus dijalankan 2017 ini, sambil mengurus perizinannya. Jadi itu nggak malasah," kata Ilyas.

Terpisah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wakatobi, Muhammad Ali malah tidak setuju dengan kebijakan yang dilakukan Pemda Wakatobi itu.

Ali mengatakan, seorang kontraktor sebelum melakukan eksploitasi atau eksplorasi, hal yang paling penting adalah memiliki izin terlebih dahulu.

"Harus izin dulu terlebih dahulu. Bagaimana mungkin dia sudah bisa melakukan sebuah eksploitasi, eksplorasi. Minimal kalau belum ada itu, apa ada persyaratan lain. Masa kerja duluan belum ada izin, gimana itu,"ungkap Ali.

Ali juga memberikan beberapa perbandingan kepada kru media ini, soal kecerobohan Sekda. "Kalau kontraktor, ada kontrak dulu atau kerja dulu?. Beli ikan dulu atau makan dulu?. Masa kerja duluan belum ada izin, gimana. Jangan kasi taputar-putar ini negeri," tutupnya. (Wan)

BERITA LAINNYA
Rabu, 11 Oktober 2017 | 20:49:27
Panita Pelaksana Wakatobi WAVE 2017 Resmi Dibentuk
Senin, 2 Oktober 2017 | 23:31:12
WON, Cagub Sultra Asal Desa Liya Togo
Kamis, 28 September 2017 | 20:38:29
Sekda Wakatobi Sambut Kedatangan 112 Jemaah Haji
Sabtu, 16 September 2017 | 17:39:06
Festival Bharata Kaledupa Lahirkan Wajah Leluhur
Senin, 28 Agustus 2017 | 20:08:44
Prona Tahap II di Kota Baubau Beraroma Pungli
BERIKAN KOMENTAR
Top