• Home
  • Sultra
  • Diduga Terkena Pencemaran, Puluhan Nelayan & Pedagang Ikan Asal Bajo Mengeluh
Rabu, 16 Agustus 2017 | 20:33:10
Ikan Timbulkan Rasa Mual dan Pusing

Diduga Terkena Pencemaran, Puluhan Nelayan & Pedagang Ikan Asal Bajo Mengeluh

Sahwan
BERITA TERKAIT:
PATROLINEWS.COM, Wakatobi - Puluhan pedagang ikan asal Desa Mola di pasar Sentral Kota Wanci, Kabupaten Wakatobi, merasa resah dengan keluhan para pembeli. Pasalnya menurut para penjual ikan ini, semua pembeli mengaku mabuk jika mengkonsumsi ikan hasil tangkapan nelayan Desa Mola atau Suku Bajo.

"Kami sangat malu kalau orang bilang ikan yang kami jual itu hasil dari bius atau pakai obat-obatan atau dangke (Pupuk tanaman). Padahal ikan itu kami tangkap pakai jaring, panah dan mancing. Katanya kalau makan ikan hasil tangkapan kami itu selalu mabuk," ungkap Nurmin, salah seorang nelayan dari Desa Mola kepada Patrolinews.com, Rabu (16/8/2017) di pasar Sentral.

Sementara salah seorang penjual ikan asal Mola, Nurmia mengatakan para pembeli juga mengeluhkan hal yang sama, ikan yang dibeli konsumen dari dirinya menyebabkan rasa mual dan pusing.

Nurmia menduga, hasil tangkapan ikan mereka telah tercemar padahal katanya, ikan yang ditangkapnya menggunakan alat pancing. 

"Kami warga Mola tidak pernah pakai obat-obatan atau formalin. Kami curiga mungkin ada orang yang sengaja mencemari laut kita. Masa ikan tuna yang kami tangkap lewat mancing dari laut dalam membuat mereka mual kalau di makan. Kami sangat malu," kata.
 
Akibat keluhan konsumen itu, para penjual ikan ini meminta Pemerintah Daerah (Pemkab) Wakatobi melalui dinas terkait segera mengambil langkah untuk mengecek permasalahan itu dan juga melakukan penyelidikan di laut Wakatobi. 

Bagi mereka, keluhan tersebut demi keselamatan dan kesehatan masyarakat Wakatobi. (Wan)

BERITA LAINNYA
Rabu, 11 Oktober 2017 | 20:49:27
Panita Pelaksana Wakatobi WAVE 2017 Resmi Dibentuk
Senin, 2 Oktober 2017 | 23:31:12
WON, Cagub Sultra Asal Desa Liya Togo
Kamis, 28 September 2017 | 20:38:29
Sekda Wakatobi Sambut Kedatangan 112 Jemaah Haji
Sabtu, 16 September 2017 | 17:39:06
Festival Bharata Kaledupa Lahirkan Wajah Leluhur
Senin, 28 Agustus 2017 | 20:08:44
Prona Tahap II di Kota Baubau Beraroma Pungli
BERIKAN KOMENTAR
Top