• Home
  • Sultra
  • Hebat..!! Perpustakaan Desa Sombu Wakili Sultra Ditingkat Nasional
Kamis, 10 Agustus 2017 | 21:29:18

Hebat..!! Perpustakaan Desa Sombu Wakili Sultra Ditingkat Nasional

Ilmiati: Kami sebagai pemerintah Wakatobi bangga
Sahwan
BERITA TERKAIT:
PATROLINEWS.COM, Wakatobi - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Desa Sombu Kecamatan Wangi-Wangi sebagai satu-satunya perwakilan dari Sulawesi Tenggara (Sultra) yang masuk lima besar Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Nasional.

Sebelum memberikan presentasi terbaiknya di Jakarta, tim lomba baik juri maupun pihak Departemen Dalam Negeri dan pihak provinsi memantau langsung kondisi fisik perpustakaan Desa Wisata Sombu di Wakatobi.

Ada beberapa klaster dalam perlombaan ini. Diantaranya Klaster A sebanyak 10 provinsi untuk pulau Jawa, 12 provinsi di Klaster B termasuk Sulawesi Tenggara dan untuk wilayah Indonesia Timur masuk dalam Klaster C sebanyak 12 provinsi.

Salah satu juri penilaian lomba tersebut, DR Zulfikar Zan, yang juga sebagai Dosen Universitas Indonesia mengaku untuk klaster B, perpustakaan Desa Wisata Sombu sudah cukup baik dan memuaskan. Baginya, tinggal presentasi Kepala Desa di tingkat Nasional yang menjadi pamungkas penilaian final nantinya.

"Saya kira untuk klaster B, perpustakaan Desa Sombu sudah bagus. Koleksi bukunya sudah lumayan dan kondisinya fisiknya bagus kok," kata Zulfikar, Kamis (10/8/2017).

Lanjut Zulfikar, ada tiga kriteria yang dinilai. Diantaranya koleksi buku, tenaga atau SDM dan yang paling penting adalah dari segi pelayanannya.

"Sekalipun manajemennya bagus tapi kalau pelayanan kurang top pasti peminat pengunjung kurang. Desa Sombu saya kira sudah cukup memenuhi. Terbaik di tingkat Sultra saja sudah luar biasa apalagi sekarang sudah masuk lima besar di tingkat nasional. Itu luar biasa loh," tambahnya.

Sementara, Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud, menyebut Pemerintah Daerah (Pemda) telah mengupayakan langkah strategis untuk pengembangan penyelenggaraan perpustakaan desa dan kelurahan.

Menurutnya (Ilmiati-red) harus ada kreativitas dari pimpinannya sehingga bisa lahir inovasi dari dalam perpustakaan. Ilmiati juga berharap Desa Wisata Sombu yang mewakili Sultra ditingkat Nasional ini bisa menorehkan prestasi yang baik. Serta memberikan motivasi atau contoh yang baik untuk seluruh desa dan kelurahan di Wakatobi.

"Tentu masuk nominasi wakili Sultra dan masuk lima besar di tingkat nasional sudah merupakan prestasi yang membanggakan. Kita berharap Desa Sombu yang kita cintai ini bisa keluar sebagai juara satu," ungkap Ilmiati Daud.

Pembina Perpustakaan Se-Sultra, Shofyan Simun mengaku untuk tiga tahun, perwakilan Sultra selalu keluar jadi juaranya. Tahun lalu Kota Baubau dan dia berharap Desa Sombu, Wakatobi menyabet prestasi serupa pada tahun ini. Empat provinsi lainnya yang menjadi saingan Desa Wisata Sombu di klaster B yakni, Linggau, Bengkulu, Banten dan Aceh.(Wan)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top