Senin, 5 Juni 2017 | 22:25:24
Dioperasionalkan Kapal Pembangkit Listrik Dari Turky

DPRDSU Ingatkan PLN Wil Sumut Jangan Ada Lagi Pemadaman

Erris
PATROLINEWS.COM, Medan - Wakil Ketua Komisi D DPRD Sumut Drs Baskami Ginting ingatkan GM PT PLN (Persero) wilayah Sumut jangan ada lagi pemadaman, karena dengan dioperasionalkannya sistem pembangkit listrik kapal Turky di Belawan, pasokan daya yang dimiliki Sumut bertambah 240 mw dari jumlah selama ini. 

Hal ini ditegaskan Baskami Ginting kepada wartawan, Senin (5/6/2017) di ruang kerjanya gedung DPRD Sumut, terkait pengoperasionalan kapal pembangkit energi listrik dari Turky di Belawan.

Dikatakan Baskami, setiap dilakukan pemadaman listrik,  pihak PLN selama ini selalu mengkambing-hitamkan krisis energi akibat kekurangan daya. Padahal, beberapa pembangkit tenaga listrik yang baru seperti PLTU Pangkalan Susu kapasitas 2 x 220 mw sudah dijanjikan untuk mengatasi krisis listrik di Sumut.

Jika dari pembangkit yang baru bisa mengatasi krisis, lanjut Baskami,  harusnya Sumut bebas pemadaman, karena jumlah daya semakin bertambah dan memiliki cadangan energi dengan ditambahnya pasokan dari operasional kapal pembangkit yang didatangkan dari Turky.

Terkait hal itu, ungkap politisi PDI Perjuangan ini, pihak PLN wilayah Sumut beranggung jawab terhadap kenyamanan masyarakat menikmati energi listrik kedepan.

"Tidak ada lagi alasan PLN melakukan pemadaman. Jika pemadaman masi terjadi, masyarakat tidak hanya kecewa tapi timbul kekesalan yang dilampiaskan dengan aksi yang dapat merugikan banyak pihak," tegas Baskami.

Apalagi, katanya, pemeritah sudah melakukan kenaikan tarif dasar listrik tidak hanya bagi kelompok industri tapi juga rumah tangga, sudah seharusnya pihak PLN menyikapinya dengan arif dan benar-benar memiliki kepedulian tinggi terhadap kebutuhan masyarakat, bukan sebaliknya meresahkan masyarakat. 

Dengan kondisi kelistrikan Sumut sekarang pasca hadirnya kapal pembangkit tenaga listrik, Baskami Ginting minta PLN wilayah Sumut menjelaskan kepada masyarakat secara transparan dan tidak lagi terus mengumbar janji seperti yang dilakukan selama ini.

"Masyarakat harus tahu berapa sebenarnya jumlah daya dan berapa besar cadangan daya yang dimiliki Sumut. Selain itu harus ada jaminan tidak ada lagi pemadaman," tambah Baskami yang sempat mengaku kecew, karena tidak disertakan DPRD Sumut meninjau kapal pembangkit tenaga listrik dari Turky yang berada di Belawan.

Padahal, tambahnya lagi, setiap munculnya persoalan listrik terkait dengan masyatakat, DPRD Sumut yang selalu menjadi sasaran.

"Kalau ada persoalan atau memprotes PLN, masyarakat datang ke DPRD Sumut berdemo atau berunjukrasa, tapi saat peninjauan kapal pembangkit listrik dari Turky, dewan tidak diikutkan. Ini yang membuat kita kecewa," tambah Baskami lagi. (Erris)

BERITA LAINNYA
Kamis, 1 Juni 2017 | 19:53:26
DPRD Sumut Nilai Pelayanan BPJS Kesehatan Buruk
BERIKAN KOMENTAR
Top