Minggu, 12 Maret 2017 | 22:49:52

DPRDSU Minta Gubsu Segera Proses Calon Sekda Provsu

Wakil Ketua DPRD Sumut HT Milwan
PATROLINEWS.COM, Medan - Wakil Ketua DPRD Sumut HT Milwan meminta Gubsu HT Erry Nuradi segera membentuk tim untuk memproses penjaringan calon Sekdaprovsu menggantikan H Hasban Ritonga yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Juli 2017, agar jabatan Sekdaprovsu defenitif tidak sampai mengalami kekosongan, demi menyukseskan program "Paten" yang sedang digalakkan di jajaran Pemprovsu.

"Mengigat semakin dekatnya akhir masa jabatan Hasban Ritonga sebagai Sekdaprovsu yang jatuh pada 1 Juli 2017, alangkah baiknya Gubsu segera membentuk tim penjaringan untuk memproses calon Sekdaprovsu, agar jangan sampai Sekdaprovsu dijabat oleh Plt (pelaksana tugas)," ujar Milwan kepada wartawan, Minggu (12/3/2017) di Medan.

Milwan yang juga mantan Bupati Labuhanbatu ini menyarankan, sebaiknya di era kepemimpinan Erry Nuradi ini, perlu dihindari penunjukkan Plt Sekdaprovsu, agar bisa lebih memaksimalkan kinierja Pemprovsu dalam peningkatan pembangunan.

"Jabatan Hasban Ritonga dalam tiga bulan ini akan berakhir. Gubsu sudah bisa melakukan seleksi serta fit and proper test untuk mengerucutkan tiga nama calon Sekdaprovsu dari 6 calon yang sebelumnya disebut-sebut memiliki kans kuat megikuti "kompetisi" menjadi orang nomor tiga di jajaran Pemprovsu tersebut," katanya.

Dengan demikian, ujar Milwan, begitu berakhirnya masa jabatan Hasban Ritonga dari Sekdaprovsu pada 1 Juli 2017,  Pemprovsu sudah memiliki Sekdaprovsu yang baru untuk bersama-sama menjalankan roda pemerintahan, sebab  siapapun tidak menginginkan Sekdaprovsu dijabat oleh Plt.

Ketika ditanya  siapa yang pantas menggantikan posisi Hasban Ritonga sebagai Sekdaprovsu, Milwan dengan taktis mengatakan, yang paling utama dalam mengajukan dan merekomendasikan nama ke pemerintah pusat adalah ketiga calon Sekdaprovsu yang tentunya sudah memenuhi ketentuan dan persyaratan.

"Siapapun yang diajukan Gubsu ke pemerintah pusat melalui Mendagri, bagi kita tidak menjadi persoalan, yang terpenting calon Sekdaprovsu yang diajukan bisa bekerja-sama dengan Gubsu maupun legislatif selaku Ketua TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) dalam membahas APBD Sumut," katanya.

Selain itu, katanya, calon Sekdaprovsu tentunya  harus sudah berpengalaman di dunia birokrat dan telah beberapa kali mendapat kepercayaan menjabat sebagai kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), baik di Pemprovsu maupun di kabupaten/kota. Yang terpenting, calon Sekdaprovsu merupakan tokoh senior serta sudah melang-lang buana ke sejumlah kabupetan/kota se-Sumut.

"Akan sangat lebih baik jika nantinya yang terpilih menjadi Sekdaprovsu merupakam pejabat yang senior  dan sudah melang-lang buana ke berbagai wilayah,  sehingga akan lebih disegani dalam menjalankan tugas," ujar Milwan seraya menambahkan,  Gubsu memiliki hak prerogatif siapa yang akan direkomendasikan ke pemerintah pusat.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada sejumlah nama calon Sekdaprovsu  sudah mencuat kepermukaan, seperti Drs Binsar Situmorang, MM (staf ahli Gubsu), H Aspan Batubara, Agus Tripiyono (Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset), Sarmadan Hasibuan (Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah) dan lainnya. (Erris)

BERITA LAINNYA
Kamis, 1 Juni 2017 | 19:53:26
DPRD Sumut Nilai Pelayanan BPJS Kesehatan Buruk
BERIKAN KOMENTAR
Top