Senin, 15 Agustus 2016 | 18:45:04

Masyarakat Liang Merdeka Karo Keluhkan Jalan ke Desa Masih Gunakan Jalan Tanah

Anak Sekolah Jalan Kaki 7 Km ke Sekolah
Anggota DPRD Sumut Siti Aminah Peranginangin, SE
PATROLINEWS.COM, Medan - Anggota DPRD Sumut Siti Aminah Peranginangin, SE merasa miris mendengar keluhan masyarakat Desa Liang Merdeka Kecamatan Kutabuluh Kabupaten Karo yang semenjak Indonesia Merdeka, jalan ke desa mereka (Desa Tanjung Merahe menuju Desa Liang Merdeka) sepanjang 7 Km tidak pernah tersentuh pembangunan dan masih menggunakan jalan tanah.

"Yang paling menyedihkan lagi, anak-anak sekolah dari Desa Liang Merdeka tiap hari harus jalan kaki sepanjang 7 Km ke sekolah di Desa Tanjung Merahe, sehingga masyarakat sangat mengharapkan Pemkab Karo maupun Pempropsu memperhatikan sarana penghubung di desa mereka," ujar Siti Aminah Peranginangin kepada wartawan, Senin (15/8/2016) di DPRD Sumut.

Melihat fakta tersebut, Siti Aminah mengaku sangat kecewa terhadap Pemkab Karo yang kurang memperhatikan pembangunan di pedesaan, sehingga masyarakat Desa Liang Merdeka belum pernah menikmati buah kemerdekaan, seperti layaknya masyarakat  di sejumlah desa di Kabupaten Karo.

"Sudah 70 tahun Indonesia merdeka dan pada 17 Agustus 2016 ini akan genap 71 tahun, tapi masih ada desa di Kabupaten Karo yang masih menggunakan jalan tanah, tidak bisa dilalui kendaraan roda dua, jika musim penghujan. Anak-anak sekolah  setiap harinya terpaksa jalan kaki ke desa tetangga untuk menuntut ilmu," tegas anggota dewan Dapil Karo, Dairi dan Pakpak Bharat ini sembari meminta Pemkab Karo agar jangan fokus memperhatikan pembangunan di perkotaan.

Menurut anggota Komisi B ini, jika Pemkab Karo kekurangan anggaran pembangunan dari APBD Karo, alangkah baiknya gunakan dana BKP (Bantuan Keuangan Propinsi) maupun DBH (dana bagi hasil) dari pajak yang setiap tahunnya dikucurkan mencapai puluhan miliar rupiah untuk Kabupaten Karo.

Rusak Parah

Dalam kesempatan itu, mantan Ketua DPC PDI Perjuangan Karo ini juga melihat Jalan Desa Perbesi menuju Desa Bintang Meriah Kecamatan Kutabuluh persisnya di lereng bukit objek wisata "Uruk Ndeholy" kondisinya sangat parah, penuh lobang-lobang dan batu berserakan, sehingga sangat rawan kendaraan masuk jurang.

"Jalan satu-satunya sarana penghubung Desa Perbesi-Desa Bintang Meriah Tanjung ini perlu segera dilakukan perbaikan. Kita harapkan Pemkab Karo maupun DPRD Karo Dapil Kecamatan Kutabuluh memperjuangkan anggaran pembangunannya di APBD Karo, agar jalan tersebut bisa segera diperbaiki," tandas Siti Aminah.(Erris)

BERITA LAINNYA
Senin, 20 November 2017 | 20:53:00
Pemko Medan Belum Serius Tangani Kemacetan dan Banjir
Kamis, 16 November 2017 | 21:59:50
DPRD Sumut Ngaku Prihatin Dengan Kinerja PT PPSU
Selasa, 14 November 2017 | 22:23:11
DPRDSU Minta Pemkab/Pemko Segera Bentuk BLUD-RS
Selasa, 7 November 2017 | 22:31:43
DPRDSU Minta Poldasu Tangkap Pelaku Trafficking TKW
Kamis, 2 November 2017 | 21:46:32
DPRD Sumut : UMP Sumut 2018 Belum
BERIKAN KOMENTAR
Top