• Home
  • RAGAM
  • Gelar Acara Wonderful Extravaganza, Akpar Medan Tampilkan Kompetensi Mahasiswa
Minggu, 10 Desember 2017 | 21:21:20

Gelar Acara Wonderful Extravaganza, Akpar Medan Tampilkan Kompetensi Mahasiswa

Monang
Direktur Akpar Medan, Drs. Alexander Reyaan MM (berdasi), diruang perlombaan Display plated dessert.
PATROLINEWS.COM, Medan - Akademi Pariwista (Akpar) Medan menggelar kegiatan Wonderful Extravaganza bertemakan "Fantastic, Kreativitas dan in Diversity" yang berlangsung selama 2 (dua) hari pada 4-5 Desember 2017 lalu di Kampus Akpar Medan  Jalan Rumah Sakit Haji, Medan. 

Ketua Pelaksana acara Extravaganza, Muhammad Hamdani S.Sos, M.Si mengatakan Akpar Medan ingin menunjukkan eksistensinya dengan mengadakan pertunjukan acara besar (Extravaganza). Oleh karena itu pertunjukannya dikemas menjadi kegiatan kompetisi dan eksibisi.

"Ada 17 kegiatan yang diperlombakan yang dibagi dalam empat kategori, yakni Skill Kompetion, Tourism Skill Kompetion, Art Kompetion dan Sport Kompetion. Perlombaan yang diselenggarakan di Extravaganza ini bukan saja buat para mahasiwa-mahasiswi Akpar Medan, melainkan juga dibuka untuk umum, SMA, SMK serta Perguruan Tinggi yang ada di luar maupun dalam Kota Medan," jelas Muhammad Hamdani yang akrab disapa dengan panggilan Dhani, Selasa (5/12/2017) lalu.

Kemudian Dhani melanjutkan adapun keterangan ke empat katagori yang dipertandingkan sesuai dengan Program Pendidikan (Prodi) yang ada di Akpar Medan.

Antara lain, Skill Kompetion, jenis perlombaan Making bed atau bed dekorasi oleh prodi Managemen Divisi Kamar (MDK), Bartender, Bariesta, Waitterace dan Table Set Up oleh Prodi Managemen Tata Hidangan (MTH), Mini tumpeng dan Fruit carving oleh prodi Managemen Tata Boga (MTB), Display plate dessert oleh prodi Managemen Patiseri (MPI), Design Hotel Form oleh prodi Administrasi Hotel (ADH).

"Tourism Skill, jenis perlombaan Tour pakage dan Video Pesona Indonesia oleh Prodi Managemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata (MPPP), Art Kompetiton, jenis perlombaan Band dan Face painting, Sport Kompetion, jenis perlombaannya Mini Soccer," tukasnya. 

Dhani menyebutkan keseluruhan peserta perlombaan berjumlah 624 orang yang terdiri dari 71 group dan 193 pertandingan individu dtambah dengan pengunjung di kali lima, jelas Dhani, sembari mengatakan extravaganza sudah empat kali dilaksanakan di Akpar Medan

"Tahun ini agak berbeda, karena tahun sebelumnya semua disamakan, sedangkan untuk tahun ini Extravaganzanya dibuat per Prodi dan lebih khusus untuk menampilkan keahlian masing-masing, contoh Prodi MDK (Managemen Divisi Kamar,red) menunjukkan keahliannya yang mana tahun sebelumnya semua disamakan," ujarnya.
Sementara, Direktur Akpar Medan, Drs. Alexander Reyaan MM mengatakan pelaksanaan Wonderful Extravaganza dilakukan di akhir semester bertujuan untuk menampilkan dan mengukur kompetensi siswa. 

"Acara ini sengaja dibuat diakhir semester, supaya apa yang didapatkan mahasiswa/i selama satu semester kemarin itu di level tertentu, bisa dicoba untuk mendisplaykannya. Sehingga kita juga mengundang beberapa peserta dari luar Akpar Medan. Tujuannya agar kita bisa membandingkan kemampuan mahasiswa dan mahasiswi Akpar dengan orang luar sesuai dengan kompetensi mahasiswanya," pungkasnya, Selasa (5/12/2017).

Terpisah, salah seorang peserta yang mengikuti perlombaan Display Mini Tumpeng, Nurhafifah (16), salah satu pelajar SMK Negeri Medan mengatakan dirinya sangat tertarik dan senang dengan adanya acara Extravaganza itu.

"Banyak bakat yang dapat dikembangkan dan juga mengali potensi yang ada dalam diri untuk lebih berprestasi sesuai dengan bakat dan jurusannya," katanya.

Sedangkan Rahmadani Butar-butar (19), jurusan Administrasi Hotel (ADH) mengatakan selain dapat mewujudkan kreativitas, dirinya juga dapat membandingkan kemampuannya dengan peserta dari luar.

"Dengan adanya acara Extravaganza ini peserta dapat mewujudkan kreativitas dan prestasi sesuai dengan prodinya masing-masing. Selain itu juga dapat bergabung dan bertemu dengan peserta-peserta dari luar yang mengikuti perlombaan," ujar mahasiswi semester III Akpar Medan ini. (Mon)

BERITA LAINNYA
Senin, 25 Desember 2017 | 18:56:33
Rayakan Natal, Kapolda Sumut Gelar Open House
Kamis, 23 November 2017 | 22:59:18
Pemprov Dukung Konvensi DMDI ASEAN di Sumut
Rabu, 22 November 2017 | 22:22:19
Gubsu Buka Jambore Kesiapsiagaan Bencana Provsu 2017
Selasa, 21 November 2017 | 23:10:33
Kahiyang Ayu Resmi Dinobatkan Sebagai Boru Siregar
Selasa, 21 November 2017 | 23:08:56
Sumut Raih Juara I Lomba Masak Serba Ikan Nasional
Senin, 20 November 2017 | 22:09:10
Gubsu Buka Expo Aksi Koservasi Hutan Tropis Sumut
Senin, 20 November 2017 | 18:45:10
Panitia Natal PWI Sumut 2017 Audiensi ke Harian SIB
Minggu, 19 November 2017 | 22:01:35
Gubsu Hadiri Turnamen Topan Cup di Pantai Labu
Selasa, 14 November 2017 | 22:52:15
Gubsu Apresiasi Perayaan Natal Sumut 2017
BERIKAN KOMENTAR
Top