• Home
  • RAGAM
  • Disbudpar Gelar SPFF 2017, Datangkan Wisatawan dari Berbagai Negara
Senin, 10 April 2017 | 12:31:51

Disbudpar Gelar SPFF 2017, Datangkan Wisatawan dari Berbagai Negara

Fernando
PATROLINEWS.COM, Medan - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut akan menghadirkan Sumut Paten Fashion dan Festival Food (SPFF) 2017. Kegiatan ini akan digelar 11 sampai 16 April 2017 di Center Poin Mall Medan.
 
Demikian dikatakan Kepala Disbudpar Sumut, Elisa Marbun didampingi Kepala Bidang Pemasaran, Muchlis serta pihak ketiga, H Latief dan John Winata saat konferensi pers di Museum Negeri Medan, Minggu (9/1/2017).
 
Disebutkan Elisa, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke 69 Pemprovsu. "Jadi dalam kegiatan ini akan ditampilkan beragam jenis buah dan makanan. Kita akan memperkenalkan buah lokal di pameran ini. Begitu juga dengan festival kuliner. Kita akan ada demo dari chef. Kemudian lomba kulinernya. Mengingat Medan ini terkenal dengan kulinernya. Bagaimana mendatangkan wisatawan dari kulinernya," ucapnya.
 
Selain buah dan kuliner, dalam kegiatan ini juga akan dihadirkan peragaan busana dari kain khas Sumut yakni ulos dan songket. "Kita pilih ini untuk mengenalkan ulos dan songket ke wisatawan. Ulos dan songket memiliki kesenian yang cukup tinggi. Dari sini kita juga melestarikan kedua kain tersebut," tambah Elisa.
 
Selain SPFF, kegiatan kedua yang akan digelar Disbudpar yakni Charity Open Golf Tournament 2017. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Royal Sumatera Golf Course dan Country Club. Dalam kegiatan ini akan hadir 200 peserta. Dari 200 itu ada yang berasal dari beberapa negara, di antaranya Tiongkok mengirimkan satu peserta, Korea Selatan satu, Malaysia dua orang dan Singapura lima peserta.

Sebanyak 6 negara akan mengikuti turnamen golf atau Open Golf Turnament memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Utara tahun 2017. Open Golf Turnament ini digelar pada 14 April 2017 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Sumatera Utara ke 69 tahun.

"Ada 6 negara yang akan ikut dalam Open Golf Turnament ini, yaitu China, Amerika Serikat, Korea Selatan, Malaysia, Singapore serta Indonesia," kata Elisa Marbun. 

Didampingi sponsorship, John Winata dan Latief, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Elisa Marbun menyampaikan, dari Indonesia, ada beberapa daerah yang ikut turnamen golf ini, yaitu Sumatera Utara, Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Aceh.

"Peserta turnamen golf ini ada 200 orang. 120 peserta untuk Tee Off Pagi dan 80 peserta untuk Tee Off Siang. Lainnya ada yang dari Sumut 80 peserta, Jawa Barat, Jakarta, Banten dan Aceh. Pertandingannya ada yang pagi dan siang. Kita bagi dua. Pagi 120 dan siang 80 peserta," kata Elisa.

Disampaikan Elisa Marbun, turnamen golf ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

"Open Golf Turnament ini bertujuan untuk meningkatkan sportivitas berkompetisi dalam meraih prestasi serta menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik antara pihak pemerintah dan swasta dalam rangka kerjasama investasi mendukung kepariwisataan di Provinsi Sumatera Utara," ujar Elisa.

Selain itu, ungkap Elisa, event ini juga digelar untuk mempromosikan bahwa di Sumatera Utara terdapat lapangan golf bertaraf internasional yang representative.
 
Sementara, John Winata selaku sponsorship kegiatan ini menjelaskan, negara asia sangat mendukung dan semangat mengikuti turnamen golf ini.

Melalui even ini, kata John Winata, perlu dipromosikan Sumatera Utara ke dunia internasional.

"Turnamen ini bersifat Fun Golf, untuk mempromosikan pariwisata Sumatera Utara," kata John Winata.
 
Lebih lanjut ditambahkan John, bahwa ini pertama kalinya golf tournament dilaksanakan di Sumut. Dan pertandingan ini akan merebutkan piala Gubernur Sumut, T Erry Nuradi. 

"Dari sini akan banyak wisatawan yang datang ke Sumut. Jadi sekalian ajang promosi bagi kita. Ini akan berdampak ke industri hotel juga. Paling tidak mereka juga membawa keluarganya datang ke sini," katanya.
 
Rencananya kegiatan ini akan digelar setiap tahun dan menjadi agenda tetap Dinas Pariwisata Sumut. "Ada juga lucky draw satu unit mobil yang kita berikan. Kita berharap warga Sumut khususnya Medan dapat meramaikan kegiatan ini," katanya.
 
Kegiatan ini sendiri rencananya akan dibuka secara resmi oleh Gubsu, 12 April 2017. "Untuk transaksinya sendiri tidak kita targetkan. Karena kita tidak menjadikannya komersil. Kita melakukan kegiatan ini murni untuk menyukseskan Sumut," ucapnya. (Nando)

BERITA LAINNYA
Senin, 25 Desember 2017 | 18:56:33
Rayakan Natal, Kapolda Sumut Gelar Open House
Kamis, 23 November 2017 | 22:59:18
Pemprov Dukung Konvensi DMDI ASEAN di Sumut
Rabu, 22 November 2017 | 22:22:19
Gubsu Buka Jambore Kesiapsiagaan Bencana Provsu 2017
Selasa, 21 November 2017 | 23:10:33
Kahiyang Ayu Resmi Dinobatkan Sebagai Boru Siregar
Selasa, 21 November 2017 | 23:08:56
Sumut Raih Juara I Lomba Masak Serba Ikan Nasional
Senin, 20 November 2017 | 22:09:10
Gubsu Buka Expo Aksi Koservasi Hutan Tropis Sumut
Senin, 20 November 2017 | 18:45:10
Panitia Natal PWI Sumut 2017 Audiensi ke Harian SIB
Minggu, 19 November 2017 | 22:01:35
Gubsu Hadiri Turnamen Topan Cup di Pantai Labu
BERIKAN KOMENTAR
Top