Senin, 12 Februari 2018 | 14:07:45

JR Saragih - Ance Gagal Mencalonkan Gubsu

Nando
PATROLINEWS.COM, Medan - Ketua KPU Sumut Mulia Banurea menyatakan JR Saragih-Ance gagal menjadi calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara.

Hal itu disampaikannya saat Rapat Pleno Terbuka Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 di Hotel Grand Mercure, Senin (12/2/2018).

Alasan kegagalan itu ungkap Ketua KPU dikarenakan Dinas Pendidikan Jakarta tidak ada melegalisir ijazah SMA milik JR Saragih-Ance.

Sementara JR Saragih saat dikonfirmasi awak media ini menyatakan bahwa tanggal 19 Oktober 2017 dirinya langsung meleges ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

"Kepala Dinas DKI yang langsung tanda tangan," tegasnya.

Setelah itu, Partai Demokrat langsung mengkonfirmasi kebenaran ijazah tersebut dan jawabannya  diteruskan kepada KPU Sumut dan Bawaslu Sumut.

"Dan dikatakan bahwa ijazah tersebut dilegalisir oleh kepala Dinas. Kepala dinas sendiri yang mengatakan dalam poin 4," jelasnya lagi.

Setelah itu, lanjut JR Saragih pada tanggal 22 Januari 2018 KPU Sumut membuat surat ke Dinas Pendidikan DKI, padahal batas klarifikasi pada tanggal 20 Januari 2018.

"Surat KPU dijawab oleh sekretaris Dinas Pendidikan bahwa ijazah saya tidak pernah dilegalisir. Mana lebih tinggi, kepala dinas atau sekretaris. Jadi bukan ijazahnya bermasalah tetapi legalisirnya dan itu pada tanggal 22 setelah lewat masa batas waktu," pungkas JR Saragih.

Atas kejadian itu, JR Saragih akan melakukan gugatan pertama kali ke Bawaslu Sumut.

"Pertama kali ke Bawaslu karena masih ada kesempatan 3 hari lagi. Kami akan mempersiapkan terlebih dahulu gugatannya. Demokrat, PKPI tidak mungkin tinggal diam," ujarnya. (Nando)

BERITA LAINNYA
Kamis, 22 Februari 2018 | 23:05:15
Panwaslu Ajak Masyarakat Partisipasi Awasi Pemilu
Minggu, 18 Februari 2018 | 22:39:27
Wujudkan Pilkada Damai, AHM Ingin Maluku Utara Juara
Selasa, 13 Februari 2018 | 23:50:57
Ini Nomor Urut Paslon Gubernur Ikuti Pilkada Malut
BERIKAN KOMENTAR
Top