• Home
  • Politik
  • DPD Partai Golkar Sumut Penuhi Syarat Keterwakilan Perempuan
Minggu, 4 Februari 2018 | 16:44:59

DPD Partai Golkar Sumut Penuhi Syarat Keterwakilan Perempuan

Nando
Medan - KPUD Sumut melakukan verifikasi faktual terkait keterwakilan perempuan di DPD Partai Golkar Jl. Sei Bagerbang Medan, Sabtu (3/2/2018). Hasilnya, Partai Golkar Sumut dinyatakan memenuhi syarat.

Kasubbag Teknis dan Hupmas Harry Dharma Putra usai melakukan verfikasi faktual di Partai Golkar Sumut mengatakan akan menyampaikan laporannya ke KPU Sumut dan selanjutnya akan disampaikan ke komisioner KPU untuk diplenokan. 

"Bahwa hasilnya 38 orang dari yang diperiksa oleh KPU Sumut dan setelah kita melihat perbaikan persyaratan yang diberikan Golkar Sumut pada verivikasi faktual lanjutan telah memenuhi persyaratan,"

Sementara Staf Bawaslu Sumut Widya mengatakan kalau dari jumlah keterwakilan perempuan yang diperiksa oleh pihaknya bahwa DPD Golkar sudah memenuhi syarat.

Namun Widya sedikit ragu memberikan tanggapan saat awak media ini mempertanyakan apakah saat melakukan verifikasi diperbolehkan video call kepada pengurus yang tidak hadir ditempat.

"Kalau sebenarnya harus langsung namun kita juga kurang paham apa boleh verifikasi dilakukan dengan video call," jawab Widya.

Sekretaris DPD Golkar Sumut Irham Buana mengatakan proses verifikasi faktual untuk tingkat provinsi menyangkut 3 hal yakni struktur kepengurusan partai, yang dibuktikan dengan surat dari Dewan Kepengurusan pusat partai. 

Kedua verifikasi faktual menyangkut keberadaan, lokasi dan status kantor. sedangkan ketiga adalah menyangkut keterwakilan perempuan, dimana untuk tingkat pusat keterwakilan perempuan sebesar 30 persen merupakan keharusan. 

Jika tidak terpenuhi maka partai politik tersebut Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Sedangkan untuk tingkat provinsi dan kabupaten kota sesuai Undang-undang dan peraturan KPU hanya menggunakan kata "memperhatikan". Artinya tidak mensyaratkan dan wajib untuk dipenuhi tapi harus ada kesungguhan bagi partai untuk memenuhi angka 30 persen.

"Jadi pada akhirnya harus dikatakan memenuhi syarat," tegas Irham.

Lanjutnya, sejak kemarin sampai hari ini, KPU dan Bawaslu Sumut sudah melakukan verifikasi namun pengurus partai dari keterwakilan perempuan belum maksimal untuk hadir ke kantor.

Sehingga hari ini ada kesempatan untuk melengkapi dan menyempurnakan. "Hari ini ada pertambahan yang signifikan untuk mencapai 30 persen," pungkas Irham. (Nando)

BERITA LAINNYA
Kamis, 22 Februari 2018 | 23:05:15
Panwaslu Ajak Masyarakat Partisipasi Awasi Pemilu
Minggu, 18 Februari 2018 | 22:39:27
Wujudkan Pilkada Damai, AHM Ingin Maluku Utara Juara
Selasa, 13 Februari 2018 | 23:50:57
Ini Nomor Urut Paslon Gubernur Ikuti Pilkada Malut
BERIKAN KOMENTAR
Top