• Home
  • Politik
  • Disoal Pemberhentian, Ini Kata Ketua DPD Hanura Malut Basri Salama
Rabu, 31 Januari 2018 | 23:09:04

Disoal Pemberhentian, Ini Kata Ketua DPD Hanura Malut Basri Salama

Ist
Basri Salama
PATROLINEWS.COM, Ternate - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Maluku Utara (Malut) Basri Salama angkat bicara terkait surat keputusan (SK) pemberhentian dirinya sebagai ketua dan digantikan dengan Ike Masita Tunas. Basri Salama secara diplomatis tidak menyetujui pemberhentian dirinya sebagai Ketua DPD Hanura Malut.

Dalam pers rilisnya pada Rabu (31/1/2018), Basri Salama mengatakan, yang sementara ini diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah kepengurusan Partai Hanura yang ketua umumnya adalah Oesman Sapta Odang dan Sekjennya Herry L. Siregar. 

"Kenapa dibawah kepengurusan mereka, karena kita ini sedang hidup dalam sebuah Negara Hukum," katanya.

Lebih jauh lagi, Basri menjelaskan, KPU hanya melakukan verifikasi kepada Kepengurusan Partai yang memiliki SK absah dari Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) dan kepengurusan yang telah diverifikasi itu memiliki hak sebagai Peserta Pemilu. Kepengurusan Partai yang tidak memiliki SK absah dari Kemenkumham, tidak akan diakui oleh KPU, sebab KPU lah yang diberi kewenangan oleh Undang-undang untuk menyelenggarakan Pemilu. 

"Lain hal jika ada putusan hukum (PTUN) yang menyebabkan KPU berubah. Nah, jika tidak di akui, lalu dimana posisi mereka yang tidak diverifikasi oleh KPU sebagai peserta Pemilu. Saran saya, bikin saja KPU sendiri atau bikin saja negara sendiri di alam gaib supaya posisinya jelas dan bisa ikut Pemilu di alam gaib," tegasnya.

Sebelumya diberitakan, Ketua (DPD) Partai Hanura Malut Basri Salama secara resmi diberhentikan dari kepemimpinannya dan digantikan oleh Ike Masita Tunas S.Sos, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) bernomor NO: SKEP/014/DPP-HANURA/1/2018, yang ditandatangani Ketua Umum DPP Hanura, Daryatmo dan Sekertaris Jendral (Sekjen) Syarifuddin Sudding.

Kepemimpinan Daryatmo sebagai Ketua Umum DPP Hanura merupakan hasil dari musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) II tahun 2018 di Jakarta dan Syafruddin Sudding sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Basri Salama diangkat sebagai ketua DPD Partai Hanura Malut berdasarkan Surat Keputusan DPP Partai Hanura Nomor : SKEP/066/DPP-Hanura /IX/2017, tanggal 20 September 2017 tentang susunan kepengurusan dewan pimpinan daerah partai Hanura Malut dengan masa bakti 2017-2020 namun kini dianggap sudah tidak berlaku lagi. (Fahri)

BERITA LAINNYA
Kamis, 22 Februari 2018 | 23:05:15
Panwaslu Ajak Masyarakat Partisipasi Awasi Pemilu
Minggu, 18 Februari 2018 | 22:39:27
Wujudkan Pilkada Damai, AHM Ingin Maluku Utara Juara
Selasa, 13 Februari 2018 | 23:50:57
Ini Nomor Urut Paslon Gubernur Ikuti Pilkada Malut
BERIKAN KOMENTAR
Top