• Home
  • Politik
  • Kembali Daftar, Berkas JR Saragih-Ance Diterima KPU Sumut
Rabu, 10 Januari 2018 | 21:24:58

Kembali Daftar, Berkas JR Saragih-Ance Diterima KPU Sumut

Nando
PATROLINEWS.COM, Medan - Pasangan JR Saragih dan Ance Siliang kembali mendatangi Kantor KPU Sumut Rabu (10/1/2018) guna melengkapi berkas pendaftaran. Dimana sebelumnya, berkas pasangan tersebut tidak diterima KPU Sumut pada pendaftaran hari ke dua, Selasa (9/1/2018) kemarin.

"Saat ini pasangan JR - Ance sudah melengkapi berkasnya dan dinyatakan diterima oleh KPU Sumut," ungkap Ketua KPU Sumut Mulia Banurea Rabu (10/1/2018).

Sementara JR Saragih yang masih menjabat sebagai Bupati Simalungun ini memyebutkan, tidak ada kesulitan bagi pihaknya untuk melengkapi berkas sesuai dengan ketentuan. Dengan nada optimis JR menegaskan bahwa Pasangan JR dan Ance akan memenangkan Pilgubsu, tentu semua itu tidak terlepas dari dukungan penuh oleh masyarakat Sumut. 

Namun demikian JR akan bersikap legowo siapapun nantinya yang akan terpilih, karena yang terpilih dipastikan merupakan putra/putri terbaik Sumut.

KPU Sumut sebelumnya pada Selasa (9/1/2018)  kemarin tidak menerima pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut JR Saragih-Ance Selian karena banyak dokumen pribadi dari paslon tersebut belum lengkap. 

Setelah diperiksa oleh tim sekretariat KPU Sumut selama kurang lebih satu setengah jam, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea mengumumkan bahwa berkas individu paslon tidak lengkap sehingga harus dikembalikan untuk dilengkapi kembali. 

Sementara untuk syarat pencalonan seperti SK dukungan dari parpol pengusung tidak ada masalah karena semuanya telah memenuhi perayaratan. 

Sementara Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga, menambahkan ada 5-6 item syarat calon yang belum lengkap, dan mayoritas adalah milik calon wakil Gubernur Sumut Ance Selian. 

Diantaranya, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari KPK baik JR Saragih maupun Ance tidak ada. Kemudian surat keterangan pengadilan tidak pernah dipenjara, surat keterangan tidak memiliki hutang, surat keterangan tidak punya tanggungan pajak dari kantor pajak, dan surat keterangan dari pengadilan tentang tidak pailit. 

Benget menjelaskan, berdasarkan PKPU No 15 tahun 2017 dan Surat KPU RI No 17 tahun 2017 tentang Prosedur Pencalonan, seluruh syarat calon tersebut harus dilengkapi pada saat pendaftaran. Terkait dokumen syarat calon yang diterbitkan intansi lain, misalnya LHKPN oleh KPK minimal ada tanda terima sebagai bukti bahwa surat tersebut sedang diproses. 

"Begitupun surat keterangan dari pengadilan yang belum terbit KPU menerima  tanda bukti bahwa surat dimaksud sedang dalam proses. Karena itu KPU menunggu hingga berakhirnya masa pendaftaran yakni Rabu (10/1) sampai pukul 00.00 WIB agar pasangan tersebut melengkapi dokumen dimaksud," pungkasnya. (Nando)

BERITA LAINNYA
Senin, 15 Januari 2018 | 20:00:20
Ribuan Masyarakat Petani Dukung Djarot-Sihar
Minggu, 14 Januari 2018 | 20:08:18
PDI Sumut Dongkrak Minat Masyarakat Pilih Djarot-Sihar
Sabtu, 13 Januari 2018 | 22:06:37
Relawan PATEN Tunggu Arahan Erry Nuradi
Rabu, 10 Januari 2018 | 23:29:51
Bupati Halut dan Pultab Target Kemenangan AHM-Rivai
Rabu, 10 Januari 2018 | 21:39:21
Djarot-Sihar Daftar ke KPU Sumut
Senin, 8 Januari 2018 | 23:24:37
Pasangan Bur-Jadi Resmi Daftar ke KPU Malut
BERIKAN KOMENTAR
Top